Tautan-tautan Akses

AS

Perekonomian Amerika Perlahan Pulih dari Resesi


Laporan penelitaian yang diterbitkan hari Selasa (26/3) mengungkapkan bahwa perekonomian di Amerika mulai pulih dari resesi terburruk dalam puluhan tahun terakhir (Foto: dok).

Laporan penelitaian yang diterbitkan hari Selasa (26/3) mengungkapkan bahwa perekonomian di Amerika mulai pulih dari resesi terburruk dalam puluhan tahun terakhir (Foto: dok).

Para ahli ekonomi meninjau pertumbuhan ekonomi masa depan dengan memantau penjualan bahan kimia dan keadaan industri kimia.

Hasil penelitian yang dikeluarkan Selasa (26/3) menunjukkan gambaran baik buruknya perekonomian Amerika yang lambat-laun pulih dari resesi terburuk dalam puluhan tahun belakangan ini.

Departemen Perdagangan Amerika mengatakan pesanan untuk memproduksi barang-barang tahan lama dari pabrik meningkat 5,7 persen untuk bulan Februari.

Sementara itu, sebuah kelompok penelitian swasta "Case-Shille" melaporkan harga-harga rumah di 20 kota terbesar meningkat lebih dari delapan persen dalam 12 bulan yang berakhir Januari. Masalah yang parah dalam pasar rumah adalah faktor kunci dalam krisis keuangan yang terakhir.

Hal yang bertentangan dengan keadaan dalam laporan tadi adalah ukuran keyakinan konsumen yang turun tajam bulan Maret.

Konsumen mengungkapkan kepada para peneliti di Conference Board bahwa perselisihan politik mengenai keuangan pemerintah membuat mereka khawatir akan ekonomi. Para ahli ekonomi memperhatikan keyakinan konsumen dengan seksama karena permintaan konsumen memotori sekitar 70 persen aktivitas ekonomi Amerika.

Para ekonom meninjau pertumbuhan ekonomi masa depan dengan memantau penjualan bahan kimia dan keadaan industri kimia. Kevin Swift dari Dewan Kimia Amerika telah mengembangkan indeks, dan mengatakan indeks tersebut menunjukkan pertumbuhan dalam enam hingga sembilan bulan mendatang.

Swift mengatakan bahan kimia digunakan pada awal hampir setiap proses industri, yang memberi indikasi bagi para pakar tentang perubahan beberapa bulan lebih awal terkait arah pertumbuhan ekonomi.

Kalau pabrik menghendaki lebih banyak bahan kimia, pabrik diperkirakan telah menerima lebih banyak pesanan produk. Kalau penjualan bahan kimia turun, diperkirakan ekonomi akan melamban.
XS
SM
MD
LG