Tautan-tautan Akses

Perdebatan Clinton-Sanders Berlangsung Sengit


Kandidat capres partai Demokrat, Senator Bernie Sanders (kiri) dan Hillary Clinton berdebat sengit di Durham, New Hampshire, Kamis (4/2).

Kandidat capres partai Demokrat, Senator Bernie Sanders (kiri) dan Hillary Clinton berdebat sengit di Durham, New Hampshire, Kamis (4/2).

Mantan Menlu AS Hillary Clinton dan Senator Bernie Sanders, melakukan perdebatan yang tegang dan diliputi kemarahan di New Hampshire, Kamis (4/2) malam.

Kedua kandidat presiden partai Demokrat, mantan Menlu AS Hillary Clinton dan Senator Vermont Bernie Sanders, melakukan perdebatan yang tegang dan diliputi kemarahan pada Kamis malam di New Hampshire, beberapa hari sebelum negara bagian itu menyelenggarakan pemilihan untuk nominasi partai.

Clinton ketinggalan oleh Sanders sebanyak 16 poin dalam jajak pendapat setelah menang tipis dalam kaukus Iowa. Mantan gubernur Maryland Martin O’Malley mengundurkan dari kampanye setelah hasil yang buruk di Iowa.

Kini kecenderungan pemilih lebih berperan pada nominasi, dan kampanye yang sebelumnya berlangsung secara sopan mulai menjadi sengit dan tegang. Clinton dan Sanders sempat bertikai sehubungan siapa yang merupakan progresif tulen dan siapa yang dikendalikan oleh sponsor-sponsor pemilihan yang kaya.

Clinton menyebut dirinya seorang progresif yang berhasil, katanya usul Sanders bagi pembebasan uang kuliah dan layanan kesehatan gratis adalah janji kosong. Katanya, gagasan seperti itu akan menaikkan pajak dan mempersulit warga Amerika untuk melangkah maju.

Kata Sanders, ini bukan gagasan radikal, katanya, setiap negara maju punya fasilitas pendidikan tinggi yang bebas pungutan uang kuliah, dan layanan kesehatan untuk warganya yang dibiayai oleh pemerintah. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG