Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Turki Erdogan Kunjungi Tiongkok


Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao di Balai Rakyat Beijing (9/4)

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao di Balai Rakyat Beijing (9/4)

Perjanjian nuklir merupakan agenda utama selagi Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Tiongkok.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan berada di Tiongkok, untuk bertemu dengan para pejabat tertinggi dalam menjalin hubungan ekonomi dan politik yang lebih dekat untuk kedua negara.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana menteri Turki yang pertama ke Tiongkok sejak 27 tahun. Erdogan dijadwalkan bertemu dengan Presiden Hu Jintao, Perdana Menteri Wen Jiabao dan Wakil Presiden Xi Jinping di Beijing, Senin (9/4).

Menteri Energi Turki Taner Yildiz mengatakan pemerintah akan memutuskan dalam kunjungan Erdogan apakah Tiongkok akan diundang untuk membangun sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di pantai Laut Hitam. Kedua pihak siap untuk menyelesaikan pembicaraan pembangunan tersebut dalam kunjungan itu.

Sebelum mengunjungi Beijing, Erdogan yang memimpin sebuah delegasi yang terdiri dari 300 pengusaha, mengunjungi daerah Xinjiang di Tiongkok barat hari Minggu. Daerah yang rusuh itu adalah tempat kediaman suku minoritas Uighur Tiongkok, yang secara etnik mempunyai hubungan dengan bangsa Turki. Turki ingin mendirikan zona industri di Xinjiang.

Erdogan akan mengakhiri kunjungannya di Shanghai.
XS
SM
MD
LG