Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Yunani Batalkan Rencana Referendum


Perdana Menteri Yunani George Papandreou memasuki ruangan untuk rapat kabinet darurat di Athena, Kamis (3/11).

Perdana Menteri Yunani George Papandreou memasuki ruangan untuk rapat kabinet darurat di Athena, Kamis (3/11).

Perdana Menteri George Papandreou mengatakan kalau pihak oposisi telah mendukung kesepakatan itu, maka tidak perlu diadakan referendum.

Laporan mengatakan Perdana Menteri Yunani George Papandreou menyatakan kepada kabinetnya bahwa ia tidak akan mengundurkan diri jabatannya, tetapi siap untuk membatalkan rencana untuk referendum nasional tentang paket bailout Uni Eropa.

Para pejabat mengatakan Papandreou membuat komentar selama pertemuan kabinet darurat Kamis, setelah kubu oposisi mengatakan mereka akan mendukung kesepakatan dana talangan. Perdana Menteri Papandreou mengatakan kalau pihak oposisi telah mendukung kesepakatan itu, maka tidak perlu diadakan referendum.

Rencana untuk mengadakan pemungutan suara rakyat mengenai dana talangan ini kontroversial, karena paket pinjaman dari Uni Eropa mencakup langkah-langkah penghematan sangat tidak populer.

Para pemimpin Eropa telah memperingatkan Yunani bahwa jika tidak mengikuti ketentuan dari paket talangan, Yunani tidak akan lagi mendapatkan dana dari Uni Eropa.

XS
SM
MD
LG