Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Tiongkok Serukan Peningkatan Belanja dalam Negeri


Perdana Menteri Wen Jiabao, menyampaikan pidatonya dalam pembukaan Kongres Rakyat Nasional di Beijing (5/3).

Perdana Menteri Wen Jiabao, menyampaikan pidatonya dalam pembukaan Kongres Rakyat Nasional di Beijing (5/3).

Perdana Menteri Tiongkok, Wen Jiabao menyerukan ditingkatkannya konsumsi dalam negeri untuk menjaga agar ekonomi meluas, Senin (5/3).

Dalam pidato pada pembukaan Kongres Rakyat Nasional, Perdana Menteri Wen Jiabao menjanjikan peningkatan pengeluaran untuk perawatan kesehatan dan layanan sosial, upah yang lebih tinggi bagi golongan berpendapatan menengah dan rendah, dan kredit konsumen yang diperluas, antara lain, guna membantu orang untuk lebih banyak berbelanja.

Meskipun dengan usaha-usaha yang dilakukan, Wen mengatakan pemerintah menurunkan target pertumbuhan ekonominya tahun ini menjadi 7,5 persen, turun banyak dari tingkat pertumbuhan 9,2 persen dalam tahun 2010 dan 10,4 persen tahun lalu. Wen mengatakan target tersebut mencerminkan tekad pemerintah untuk membuat kemajuan selagi menjaga kestabilan.

Wen mengakui bahwa pemerintah Tiongkok perlu berbuat lebih baik dalam beberapa hal, termasuk perlindungan hak milik, mengendalikan harga-harga dan keamanan di tempat kerja.

Perdana menteri itu juga mengatakan Beijing akan menjaga tingkat nilai mata uang dan mengadakan kebijakan guna mencegah risiko keuangan sistemik.

Wen menyerukan persatuan diantara kelompok-kelompok etnis Tiongkok dalam menerapkan kebijakan-kebijakan pemerintah untuk terciptanya kemakmuran di bagian-bagian miskin negara itu. Pidato itu membuka sepuluh hari sesi Kongres Rakyat Nasional yang melibatkan hampir 3000 delegasi di Balai Agung Rakyat di Beijing.

XS
SM
MD
LG