Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri India Temui Ang San Suu Kyi di Burma


Perdana Menteri India Manmohan Singh (kanan) dan pemimpin oposisi Burma Aung San Suu Kyi dalam jumpa pers di Rangun, Burma (29/5).

Perdana Menteri India Manmohan Singh (kanan) dan pemimpin oposisi Burma Aung San Suu Kyi dalam jumpa pers di Rangun, Burma (29/5).

Manmohan Singh merupakan Perdana Menteri India pertama yang melakukan kunjungan diplomatik ke Burma sejak tahun 1987.

Perdana Menteri India Manmohan Singh bertemu dengan pemimpin oposisi Burma Aung San Suu Kyi, Selasa (29/5) di hari terakhir kunjungan tiga harinya ke Burma untuk memperkuat hubungan perdagangan dan investasi antara kedua negara Asia yang bertetangga itu.

Perdana Menteri Singh bertemu dengan Presiden Burma Thein Sein hari Senin (28/5). Kedua pemimpin menandatangani 12 persetujuan perdagangan dan investasi, termasuk persetujuan angkutan udara dan janji India menyediakan batas pemberian kredit sebesar 500 juta dolar.

Singh adalah perdana menteri India yang pertama berkunjung ke Burma sejak tahun 1987.
Perdana Menteri India tersebut mengunjungi Aung San Suu Kyi di ibukota niaga Rangun, sebelum pemenang hadiah Nobel itu berangkat ke Thailand untuk melakukan kunjungan internasional pertamanya dalam 24 tahun.

Pertemuan itu dipandang sebagai pertanda bahwa India terbuka untuk membina kembali hubungan dengan aktivis oposisi itu. New Delhi telah lama dikecam atas hubungannya dengan mantan para pemimpin militer Burma yang menindas rakyatnya, yang mengundurkan diri tahun lalu.
XS
SM
MD
LG