Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri India Melawat ke Rusia


Presiden Rusia Vladimir Putin, kanan, menyambut Perdana Menteri Narendra Modi saat bertemu di Kremlin di Moskow, Belarus, Rusia, Rabu, 23 Desember 2015.

Presiden Rusia Vladimir Putin, kanan, menyambut Perdana Menteri Narendra Modi saat bertemu di Kremlin di Moskow, Belarus, Rusia, Rabu, 23 Desember 2015.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut Perdana Menteri India Narendra Modi untuk melakukan pembicaraan yang dipusatkan pada kerjasama pertahanan, nuklir dan antariksa.

Modi memulai lawatannya hari Rabu (23/12) dengan makan malam bersama Putin. Beberapa pertemuan lain bersama pejabat-pejabat tinggi kedua negara akan dilangsungkan di Kremlin hari Kamis (24/12).

Perdagangan antara India dan Rusia hampir mencapai 10 milyar dolar tahun 2014 lalu. Kedua negara telah menetapkan target ambisius untuk meningkatkan perdagangan hingga mencapai 30 milyar dolar pada 2025.

Rusia dan India telah memiliki hubungan erat sejak era Perang Dingin ketika Rusia menjadi sekutu dan pemasok senjata utama ke India.

Menjelang pertemuan itu Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar mengatakan kepada wartawan, Rusia merupakan “mitra strategis dan militer utama” bagi India, dan menambahkan, kedua pihak akan melakukan pembahasan tentang pembelian senjata bagi militer India, termasuk perjanjian untuk memproduksi 200 helikopter Kamov 226T dalam sebuah usaha patungan di India.

Meskipun India merupakan pelanggan utama industri senjata Rusia, beberapa tahun terakhir ini India telah berusaha mendiversifikasi pembelian mereka dengan membeli peralatan militer dari Amerika, Perancis dan Israel. [em/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG