Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Baru Lesotho Tunjuk Anggota Kabinet


Peta lokasi Lesotho, Afrika Selatan (Foto: dok)

Peta lokasi Lesotho, Afrika Selatan (Foto: dok)

Perdana Menteri baru Lesotho, Thomas Thabane, telah mengumumkan kabinetnya untuk memimpin kerajaan kecil Afrika itu, Jum'at (15/6).

Perdana Menteri Lesotho yang baru Thomas Thabane telah memilih kabinetnya untuk memimpin kerajaan kecil Afrika itu dalam transisi pertamanya yang damai. Pemerintah baru itu diumumkan hari Jumat.

Koalisi Thabane mengalahkan pemimpin lama Pakalitha Mosisili dalam pemilu parlemen bulan lalu. Partainya All Basotho Convention/ Konvensi Seluruh Basotho berkoalisi dengan Kongres Lesotho bagi Demokrasi dan Partai Nasional Basotho (BNP) pimpinan Thesele Maseribane untuk menyingkirkan Mosisili setelah pemilu parlemen 29 Mei lalu.

Kantor berita Perancis / AFP melaporkan kabinet baru itu termasuk mantan pemimpin oposisi pemuda Maseribane sebagai menteri baru urusan gender dan olah raga.

Pemimpin BNP itu dikenal karena sikapnya yang garang setelah pemilu tahun 1998 yang dipertentangkan. Reaksi kekerasan oposisi atas kemenangan Mosisili pada pemilu tahun 1998 itu menyebabkan militer Afrika Selatan turun tangan untuk memulihkan ketertiban.

AFP juga mengatakan Timothy Thahane, mantan menteri keuangan dan mantan pejabat Bank Dunia ditunjuk sebagai menteri energi.
XS
SM
MD
LG