Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Baru Diangkat, Pemerintah Mali Mengundurkan Diri


Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita (Foto: dok.)

Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita (Foto: dok.)

Juru bicara kepresidenan Mali yang tampil di televisi pemerintah Sabtu malam mengatakan pemerintah Mali telah mengundurkan diri dan menteri pembangunan kota Moussa Mara akan menjadi perdana menteri.

Moussa Mara telah diminta untuk membentuk sebuah pemerintahan baru.

Pernyataan tersebut mengatakan Presiden Ibrahim Boubacar Keita mengakhiri tugas Perdana Menteri Oumar Tatam Ly setelah pemerintahan itu mengundurkan diri. Tidak ada alasan yang diberikan mengenai keputusan pemerintah itu.

Presiden Keita terpilih Agustus tahun lalu dan berjanji untuk menyatukan Mali dan ingin membangun negara itu setelah kudeta dan pemberontakan Islamis.

Negara Afrika Barat itu mengalami krisis setelah kudeta militer di ibukota, Bamako bulan Maret 2012. Beberapa kelompok militan menggunakan kebingungan atas kudeta itu untuk mengambil alih bagian utara negara tersebut dimana sebelumnya mereka merencanakan akan mendirikan sebuah negara Islamis.

Kekerasan itu menyebabkan Perancis melakukan intervensi pada bekas koloninya itu. Intervensi militer pimpinan Perancis menyingkirkan militan dari kekuasaan tapi pejuang militan masih terus melakukan serangan-serangan kecil di utara.
XS
SM
MD
LG