Tautan-tautan Akses

Percobaan Nuklir Korut Picu Kutukan Masyarakat Internasional


Seorang warga Korsel tengah menyaksikan penayangan berita di sebuah stasiun kereta di Seoul (12/2). Televisi tersebut menyajikan berita terkait perkembangan situasi nuklir Korut dari kompleks nuklir Yongbyon dan kemungkinan test nuklir Korea Utara. (AP Photo/Lee Jin-man).

Seorang warga Korsel tengah menyaksikan penayangan berita di sebuah stasiun kereta di Seoul (12/2). Televisi tersebut menyajikan berita terkait perkembangan situasi nuklir Korut dari kompleks nuklir Yongbyon dan kemungkinan test nuklir Korea Utara. (AP Photo/Lee Jin-man).

Negara-negara dan para pemimpin dari seluruh dunia mengutuk percobaan nuklir Korea Utara, hari Selasa (12/2).

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyebut tindakan itu sangat mengguncangkan. menurut Ban, percobaan itu jelas merupakan pelanggaran yang serius terhadap sanksi-sanksi yang melarang Pyongyang menguji-coba bom nuklir dan misil.

Presiden Amerika Barack Obama menyebut percobaan itu sangat provokatif. Dalam pernyataannya, Presiden Obama mengatakan percobaan itu merongrong kestabilan kawasan dan tidak akan membuat Korea Utara lebih aman. Obama menyerukan tindakan internasional yang cepat dan kredibel sebagai tanggapan atas tindakan tersebut.

NATO menyatakan dengan uji coba nuklir itu, ditambah peluncuran misil pada bulan Desember, Korea Utara menimbulkan ancaman serius bagi perdamaian, keamanan dan stabilitas dunia.

Tiongkok, sekutu utama Korea Utara, juga menentang kuat percobaan tersebut. Kementerian luar negeri Beijing mendesak Pyongyang agar mematuhi komitmen non nuklirnya, dan mengatakan isu tersebut harus diselesaikan dalam kerangka pembicaraan perlucutan nuklir enam negara yang sudah lama macet.

Bahkan Iran, yang diyakini Amerika juga sedang mengejar program senjata nuklir, telah mengkritik peluncuran itu. Seorang juru bicara kementerian luar negeri Iran mengatakan meskipun semua negara berhak memanfaatkan kegiatan nuklir untuk tujuan damai,Teheran berharap semua senjata pemusnah massal dan senjata nuklir akan dihancurkan.

Korea Selatan juga menyebut percobaan itu ancaman yang tidak dapat diterima terhadap perdamaian dan kestabilan di kawasan itu dan tantangan langsung terhadap masyarakat internasional. Seoul mengatakan Menteri Luar Negeri Kim Sung-hwan sependapat dengan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dalam pembicaraan telepon untuk mengambil tindakan yang cepat dan bersatu dalam badan Dewan Keamanan PBB, yang akan mengadakan rapat hari ini guna membicarakan percobaan itu.

Di Jepang, Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan Tokyo sangat kecewa atas tindakan Korut tersebut dan akan mempertimbangkan sanksi barunya sendiri terhadap Korea Utara sebagai tanggapan atas percobaan itu.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengatakan negaranya akan mengusahakan tanggapan kuat terhadap percobaan Korea Utara itu di Dewan Keamanan.

Moskow juga mengutuk dengan tegas percobaan itu sebagai pelanggaran kewajiban internasional Korea Utara.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG