Tautan-tautan Akses

Perayaan Tahun Baru Imlek Mulai Digelar di Seluruh Dunia


Para penari bersiap menggelar pertunjukan barongsai di Taman Ditan, yang menandai dimulainya perayaan Tahun Baru China di Beijing, Senin (8/2).

Para penari bersiap menggelar pertunjukan barongsai di Taman Ditan, yang menandai dimulainya perayaan Tahun Baru China di Beijing, Senin (8/2).

Seluruh dunia mulai perayaan untuk memperingati tahun baru Imlek, Tahun Monyet, Senin (8/2).

Di Beijing, ribuan orang berbondong ke vihara Buddha dan Taoisme untuk mendoakan nasib mujur dan kemakmuran pada hari pertama Tahun Baru Imlek 4713, atau menghadiri pasar udara-terbuka dan festival di taman-taman daerah kediaman mereka.

Tidak seperti hari libur Barat, yang mulai malam sebelumnya dan berakhir keesokan harinya, tradisi perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama 15 hari, dan berakhir dengan Festival Lentera tahunan.

Hari libur itu juga ditandai dengan masa bepergian yang paling besar di dunia, ketika jutaan orang “mudik” untuk merayakan hari libur tersebut bersama keluarga mereka.

Pembatasan peluncuran kembang api dan perlambanan ekonomi tampaknya mengurangi sedikit perayaan di seluruh China.

Tidak terlihat adanya perayaan imlek di Taiwan, yang masih berduka sehari setelah terjadinya gempa bumi 6,4 skala Richter. Jalan-jalan di Tainan, dekat pusat gempa itu, tetap kosong ketika tengah-malam mendekat.

Para petugas SAR berdoa Minggu malam di vihara Wu-Long-Kuong di Tainan, membakar dupa dan menunduk di hadapan beberapa dewa Daois dan Buddhis.

Tetapi kembang api dan pawai menyambut tahun baru itu diadakan di kota-kota dari Sydney hingga Lisabon. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG