Tautan-tautan Akses

Perawat Australia Dituduh Bantu ISIS di Suriah


Seorang penyelidik terorisme di pinggiran kota Sydney.

Seorang penyelidik terorisme di pinggiran kota Sydney.

Seorang perawat Australia menghadapi tuduhan terorisme karena diduga mendukung perjuangan kelompok ISIS di Suriah.

Salah satu tuduhan yang dihadapi Adam Brookmandi sebuah pengadilan di Melbourne, Minggu (26/7), adalah mendukung sebuah organisasi teroris. Tuduhan lainnya adalah memberikan jasa dengan tujuan mendukung seseorang melakukan tindakan tidak bersahabat di negara asing.

Brookman yang kembali ke Australia, Jumat, dari Turki, di mana ia menyerahkan diri ke pihak berwenang sebelumnya pekan ini setelah tiba dari Suriah. Ayah lima anak ini mengatakan kepada media Australia, ia pergi ke Suriah sebagai bagian dari sebuah misi kemanusiaan. Namun, menurut pengakuannya, ia kemudian terluka dan dipaksa bergabung dengan kelompok teroris itu.

Brookman akan kembali tampil di pengadilan di Melbourne, Senin.

Australia berada dalam status siaga tinggi karena mengkhawatirkan banyaknya militan di dalam negeri yang telah melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk bergabung dengan ISIS atau kelompok-kelompok ekstremis lain.

Pihak kepolisian telah melangsungkan sejumlah penggerebekan kontra-terorisme di berbagai penjuru negara itu.PM Tony Abbott telah berhasil meloloskan sejumlah UU keamanan nasional baru, dan mendukung sebuah kebijakan yang bisa mencabut kewarganegaraan Australia orang-orang yang berstatus kewarganegaraan ganda.

XS
SM
MD
LG