Tautan-tautan Akses

Sentimen Anti AS di Rusia Capai Tingkat Tertinggi


Sentimen anti AS dari warga Rusia terus meningkat dalam survei terbaru (foto: ilustrasi).

Sentimen anti AS dari warga Rusia terus meningkat dalam survei terbaru (foto: ilustrasi).

Sebuah survei di Rusia mendapati perasaan anti-Amerika berada pada tingkat tertinggi baru yaitu sebesar 71 persen.

Sebuah survei yang dilakukan lembaga jajak pendapat Rusia mendapati, perasaan anti-Amerika berada pada tingkat tertinggi baru, dengan 71 persen responden menyatakan memiliki perasaan buruk atau sangat buruk terhadap Amerika.

Jajak pendapat Levada Center, yang dilakukan akhir Mei dan dirilis Kamis (5/6), mengatakan, jumlah responden yang mengungkapkan perasaan buruk terhadap Amerika meningkat 10 persen dari jajak pendapat serupa yang dilakukan akhir Maret.

Ditanya mengenai negara mana yang paling tidak bersahabat dan paling bermusuhan dengan Rusia, 69 persen responden dari jajak pendapat terakhir menyebutkan Amerika. Hanya 30 persen menyebut Ukraina, yang pemerintahnya saat ini terlibat konflik kekerasan dengan separatis pro-Rusia di bagian timur negara itu.

Setelah Amerika Serikat dan Ukraina, negara-negara yang disebut paling bermusuhan dengan Rusia adalah tiga negara Baltik, yaitu Lithuania (25 persen), Latvia (23 persen) dan Estonia (21 persen).

Daftar negara yang dipandang responden sebagai teman atau sekutu terdekat adalah Belarusia (51 persen), China (40 persen) dan Kazakhstan (37 persen).

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG