Tautan-tautan Akses

Perang di Suriah Mengakibatkan Tantangan Keamanan bagi Israel

  • Scott Stearns

Menlu AS John Kerry dan PM Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem (23/5). Perang saudara di Suriah diakui keduanya membawa tantangan pada keamanan Israel.

PM Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan pasukan keamanan akan terus bertindak untuk memastikan keselamatan warga Israel selama tetap ada ancaman dari Suriah.

Pasukan Israel minggu ini menghantam lokasi militer Suriah di seluruh Dataran Tinggi Golan, setelah baku tembak di wilayah pendudukan itu.

Pertempuran itu merupakan peningkatan kekerasan terbaru dalam konflik yang beresiko menyeret lebih banyak tetangga Suriah.

Mengenai hal itu, Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengatakan,” Kebijakan kami di Suriah jelas. Kami tidak ikut campur dalam perang saudara itu. Tapi untuk situasi di Dataran Tinggi Golan, kami tidak membiarkan dan tidak akan mengijinkan perang merembet ke wilayah kami.”

Potensi merembetnya kekerasan itu membuat Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry prihatin selagi ia mengusahakan perundingan damai bagi sebuah pemerintahan transisi di Damaskus.

“Tidak seorangpun yang berilusi mengenai bagaimana sulit, rumitnya masalah itu. Tapi kita juga mengetahui bahwa terjadi pembunuhan masal, ketidakstabilan Suriah yang luar biasa merembet ke Libanon, Yordania dan jelas berdampak pada Israel,” kata Kerry.

Khususnya karena pejabat-pejabat pertahanan Israel menyaksikan Russia dan Iran memasok senjata pada Suriah.

“Misil-misil S-300 datang dari Russia atau negara-negara lain, misil-misil Iran membuat kawasan itu tidak stabil. Amerika berkomitmen bukan hanya dalam membela Israel namun juga prihatin atas kawasan itu, berupaya mengatasi masalah ini,” lanjut Kerry.

Perdana menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel mengantisipasi keadaan di Suriah.

Netanyahu mengatakan, “Tidak diragukan bahwa Timur Tengah menghadapi periode yang paling sensitif dalam beberapa dekade, dan ditengah-tengah ketidak stabilan yang menyebabkan meningkatnya kekerasan di Suriah. Kami mengikuti secara seksama perkembangan dan perubahan disana dan kami bersiap-siap menghadapi setiap skenario.”

Para pejabat intelijen mengatakan persiapan itu termasuk serangan udara Israel terhadap pengiriman senjata Hizbollah di Suriah.

Netanyahu mengatakan pasukan keamanan akan terus bertindak untuk memastikan keselamatan warga Israel selama tetap ada ancaman dari Suriah.
XS
SM
MD
LG