Tautan-tautan Akses

Perancis Adakan Putaran Pertama Pemilu Presiden


Presiden Perancis Nikolas Sarkozy dan ibu negara Carla Bruni-Sarkozy bersiap untuk memberikan suaranya dalam Putaran Pertama Pemilu Presiden Perancis di Paris (22/4)

Presiden Perancis Nikolas Sarkozy dan ibu negara Carla Bruni-Sarkozy bersiap untuk memberikan suaranya dalam Putaran Pertama Pemilu Presiden Perancis di Paris (22/4)

Pemungutan suara putaran pertama pemilu presiden dimulai di Perancis hari Minggu ini (22/4).

Jajak-jajak pendapat terakhir mengindikasikan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy berada beberapa poin di belakang saingan utamanya, Francois Hollande. Jajak-jajak pendapat juga menunjukkan bahwa Sarkozy diperkirakan akan kalah pada pemilu putaran kedua tanggal 6 Mei, yang akan menjadikannya presiden Perancis pertama yang menjabat satu periode selama 30 tahun terakhir.

Sepuluh kandidat bersaing untuk jabatan tertinggi di negara itu dengan Marine Le Pen beraliran kanan dan Jean-Luc Melenchon beraliran kiri. Kesepuluh kandidat mengadakan kampanye terakhir mereka hari Jumat.

Hari Jumat Sarkozy yang beraliran konservatif meminta maaf atas tindakan-tindakannya pada awal lima tahun masa jabatannya. Menurut Sarkozy, kesalahannya adalah 'tidak memahami dimensi simbolis tugas presiden'. Meski demikian ia membela perannya dalam mencegah pengeluaran Perancis membantu mengatasi Eropa yang dilanda hutang. Katanya Perancis akan menghadapi kesulitan-kesulitan hutang seperti Spanyol jika melakukan sebaliknya.

Hollande adalah seorang politisi veteran yang memimpin Partai Sosialis selama beberapa tahun. Tapi ia tidak pernah menduduki jabatan tinggi di pemerintahan.

Selama kampanye, Hollande menyalahkan Sarkozy atas tingkat pengangguran Perancis yang hampir mencapai 10 persen dan menyerukan perubahan luas untuk memperbaiki keuangan Perancis.
XS
SM
MD
LG