Tautan-tautan Akses

Perancis Tunda Pertemuan Internasional soal Perdamaian Israel-Palestina


Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan bahwa konferensi internasional Israel-Palestina di Paris ditunda (foto: dok).

Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan bahwa konferensi internasional Israel-Palestina di Paris ditunda (foto: dok).

Presiden Perancis Francois Hollande hari Selasa (17/5) mengatakan penundaan itu karena Menlu AS John Kerry berhalangan hadir.

Sebuah konferensi internasional yang berfokus pada dimulainya kembali proses perdamaian Israel-Palestina yang sebelumnya dijadwalkan pada 30 Mei di Paris kini ditunda.

Presiden Perancis Francois Hollande hari Selasa (17/5) mengatakan penundaan itu karena Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry berhalangan hadir pada tanggal 30 Mei tersebut.

Hollande mengatakan kepada radio Perancis bahwa pembicaraan itu akan berlangsung suatu waktu pada musim panas ini, dan bahwa tanpa prakarsa itu, serangan dan pembangunan permukiman akan terus berlanjut.

Tanggal 30 Mei adalah hari libur nasional di Amerika Serikat. Juru bicara Departemen Luar Negeri John Kirby mengatakan kepada para wartawan hari Senin bahwa Menlu Kerry tidak akan bisa menghadiri pertemuan yang telah dijadwalkan tersebut karena sejumlah faktor, termasuk jadwal perjalanannya yang sudah padat bulan ini.

Tetapi Kirby mengatakan Amerika tetap ingin bergerak maju dengan solusi dua negara dan “menyimak berbagai gagasan tentang bagaimana mencapai hal itu.” Bulan lalu Kerry berjanji akan terus berusaha keras untuk mengatasi masalah ini selama sisa masa jabatan Presiden Barack Obama, yang akan berakhir pada bulan Januari tahun depan. [lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG