Tautan-tautan Akses

Perancis Selidiki Direktur IMF terkait Kasus Korupsi


Direktur IMF Christine Lagarde diselidiki dalam kasus korupsi sewaktu ia menjabat Menkeu di Perancis (foto: dok).

Direktur IMF Christine Lagarde diselidiki dalam kasus korupsi sewaktu ia menjabat Menkeu di Perancis (foto: dok).

Direktur IMF Christine Lagarde mengatakan ia tidak akan mundur dari jabatannya karena skandal yang terjadi sewaktu ia masih menjabat Menteri Keuangan Perancis itu.

Direktur IMF Christine Lagarde mengatakan ia sedang diselidiki karena dianggap lalai dalam sebuah kasus korupsi yang terjadi sewaktu ia masih menjabat sebagai Menteri Keuangan Perancis.

Dalam sebuah pernyataan Rabu (27/8), Lagarde menyebut tuduhan itu tidak berdasar dan akan mengajukan banding atas keputusan yang memerintahkan penyelidikan dirinya.

Lagarde mengatakan ia tidak akan mundur karena skandal itu, namun akan kembali ke Washington di mana ia akan menjeleskan situasi tersebut kepada dewan direksi IMF.

Pernyataannya itu muncul setelah pengadilan Perancis menginterogasi dirinya untuk keempat kali karena penanganannya atas pembayaran kompensasi sebesar $527 juta kepada seorang pengusaha.

Bernard Tapie menerima kompensasi itu pada 2008 untuk menyelesaikan sengketanya dengan bank milik pemerintah Credit Lyonnais sehubungan penjual produk olahraga Jerman Adidas.

Lagarde mengatakan pembayaran itu untuk kepentingan terbaik negara, sementara banyak pengecam mengatakan, kompensasi itu terlalu berlebihan.

XS
SM
MD
LG