Tautan-tautan Akses

Perancis Sediakan 580 Juta Dolar untuk Pantai Gading


Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde berbicara kepada wartawan di Godollo, Hungaria (9/4).

Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde berbicara kepada wartawan di Godollo, Hungaria (9/4).

Menteri Keuangan Perancis mengatakan bantuan bagi Pantai Gading akan segera tersedia begitu situasi keamanan di Pantai Gading pulih.

Perancis menyatakan akan segera menyediakan bantuan 580 juta dolar AS bagi Pantai Gading untuk membantu rakyatnya, memulai layanan publik dan merangsang perekonomian.

Menteri Keuangan Christine Lagarde mengatakan, Selasa, uang tersebut akan tersedia dalam beberapa hari ke depan, setelah situasi keamanan di Pantai Gading dipulihkan.

Menurut Lagarde, uang tersebut akan mendanai belanja darurat untuk warga sipil, kota Abidjan dan layanan publik yang penting. Katanya, dana itu akan digunakan untuk menghidupkan kembali perekonomian dan membantu Pantai Gading mengembalikan utang internasional yang sudah jatuh tempo.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon telah meminta kepada Pantai Gading agar memanfaatkan kesempatan bersejarah bagi rekonsiliasi nasional setelah penangkapan mantan pemimpin Laurent Gbagbo.

Ban berbicara pada hari Senin dengan Presiden terpilih Alassane Ouattara, dan menekankan perlunya untuk memastikan tidak ada tindak balasan terhadap para pendukung Gbagbo. PBB menegaskan lembaga ini akan terus melindungi kaum sipil dan membantu mendukung pemerintah dalam menegakkan kembali ketertiban hukum.

XS
SM
MD
LG