Tautan-tautan Akses

Perancis Laporkan Kemungkinan Puing Baru Pesawat Malaysia


Mike Barton, ketua koordinasi penyelamatan, kanan, menunjukkan pada Wakil PM Australia, Warren Truss, peta pencarian Samudera Hindia.

Mike Barton, ketua koordinasi penyelamatan, kanan, menunjukkan pada Wakil PM Australia, Warren Truss, peta pencarian Samudera Hindia.

Para pejabat Malaysia mengatakan mereka telah menerima gambar-gambar satelit dari Perancis yang menunjukkan benda mengambang di wilayah Samudera Hindia selatan di mana regu pencari dari sebuah pesawat udara sipil melihat puing-puing, termasuk palet barang terbuat dari kayu hari Sabtu.

Pencarian pesawat penumpang Malaysia Airlines hari Minggu kembali terbukti sia-sia, meski ada laporan dari Perancis tentang kemungkinan puing-puing baru pesawat tersebut yang mengapung di Samudera India.

Beberapa pesawat terbang dan kapal dari sejumlah negara hari Minggu terbang dan berlayar di sekitar perairan yang terletak 2.500 kilometer dari lepas pantai Australia barat daya – hari keempat sejak kabar penemuan benda yang diduga puing-puing pesawat malang itu – tetapi tidak menemukan sesuatu yang signifikan. Pencarian akan dilanjutkan kembali hari Senin.

Perancis melaporkan adanya puing-puing yang difoto dari radar satelit di Samudera India bagian selatan, serupa dengan gambar-gambar foto satelit sebelumnya yang dilakukan oleh Australia dan China.

Dalam pernyataannya hari Minggu (23/3), Menteri Transportasi Malaysia mengatakan gambar-gambar tersebut dekat dengan daerah di mana satelit Australia dan satelit China menangkap gambar benda-benda besar mengambang minggu lalu dalam pencarian mereka atas jet penumpang Malaysia Airlines yang hilang.

Sejumlah pesawat dan kapal hari Minggu memusatkan pencarian atas pesawat itu di daerah Samudera Hindia selatan di mana puing-puing telah terlihat. Sebuah pesawat militer Selandia Baru yang dialihkan ke lokasi itu hari Sabtu hanya menemukan rumput laut.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott hari Minggu mengatakan ada peningkatan harapan benda-benda yang terlihat dapat mengarah ke terobosan dalam menemukan jet yang hilang dengan 239 orang di dalamnya itu.

Pesawat Boeing 777 itu menghilang 8 Maret ketika dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Sejauh ini belum ada bukti kuat mengenai apa yang terjadi pada jet itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG