Tautan-tautan Akses

Perancis Perketat Keamanan pasca Penembakan di Sinagog


Polisi Perancis meningkatkan pengamanan di seluruh Perancis pasca insiden penembakan sinagog di Paris (foto: dok).

Polisi Perancis meningkatkan pengamanan di seluruh Perancis pasca insiden penembakan sinagog di Paris (foto: dok).

Perancis meningkatkan keamanan di fasilitas agama Yahudi setelah tembakan kosong diarahkan pada sebuah sinagog di Paris di tengah hari Minggu (7/10).

Serangan hari Minggu di Perancis ini menimbulkan kekhawatiran baru tentang sentimen anti-Yahudi di seluruh negara itu.

Presiden Perancis Francois Hollande hari Minggu bertemu dengan pemimpin komunitas Yahudi di negara itu dan berjanji akan memerangi ekstremisme dan anti-Semitisme dengan tegas.

Dia mengatakan bahwa pihak berwenang dalam beberapa waktu mendatang akan meningkatkan keamanan di lokasi agama Yahudi sehingga mereka tidak mengalami serangan seperti yang dialami sebuah sinagog di Argenteuil, yang terletak di pinggiran Paris, pada Sabtu malam.

Serangan itu terjadi beberapa jam setelah polisi melancarkan penggerebekan di seluruh Perancis pada hari Sabtu untuk mengejar sekelompok anak muda yang diduga melakukan aksi jihad. DNA pada sebuah granat yang meledak bulan lalu di sebuah toko kelontong halal membawa mereka ke salah seorang anggota kelompok itu, yang tewas dalam baku tembak dengan polisi hari Sabtu.

Para pejabat mengatakan pria itu telah dipantau sejak musim semi lalu saat seorang Muslim radikal Perancis melakukan penembakan membabi buta terhadap sebuah sekolah Yahudi dan tentara Perancis, menewaskan tujuh orang.

Sebuah organisasi Muslim terkemuka di Perancis, CFCM, mengecam serangan sinagog itu. Dalam sebuah pernyataan hari Minggu kelompok itu menjamin dukungan dan solidaritas persaudaraan bagi komunitas Yahudi Perancis dalam menghadapi semua serangan.
XS
SM
MD
LG