Tautan-tautan Akses

Perancis Kerahkan 6 Pesawat Tempur Hadapi ISIS


Pesawat tempur Perancis jenis Mirage 2000 (foto: dok). Perancis akan mengirim 6 pesawat Mirage untuk melawan ISIS.

Pesawat tempur Perancis jenis Mirage 2000 (foto: dok). Perancis akan mengirim 6 pesawat Mirage untuk melawan ISIS.

Ke-6 pesawat tempur jenis Mirage itu akan ditempatkan di Yordania untuk mendukung pesawat Perancis yang sudah ada di sana.

Perancis mengatakan akan mengirim enam pesawat tempur ke Timur Tengah guna meningkatkan serangan udara terhadap lokasi-lokasi militan ISIS di Irak.

Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian mengatakan kepada parlemen hari Rabu (19/11) ke-enam pesawat jenis Mirage itu akan ditempatkan di Yordania untuk mendukung pesawat Perancis yang sudah ada di sana.

Perancis, bersama Amerika dan Inggris, melakukan ofensif udara melawan ISIS di Irak. Amerika juga menggempur kubu-kubu ISIS di Suriah.

Juga hari Rabu, para pejabat Perancis mengatakan telah mengidentifikasi warganya yang kedua dalam video yang dirilis ISIS. Laki-laki itu, berusia 22 tahun dari pinggiran Paris yang pergi ke Suriah setahun lalu, tampak dalam video yang menunjukkan penggalan kepala seorang pekerja bantuan Amerika dan rekaman pemenggalan setidaknya 18 tentara Suriah.

Presiden Perancis Francois Hollande memperingatkan bahaya dari apa yang dikatakannya orang-orang muda yang otaknya tercuci oleh militan di luar negeri.

Lembaga HAM Syrian Observatory for Human Rights mengatakan militan ISIS telah membunuh lebih dari 1.400 orang di Suriah sejak akhir Juni, setelah menyatakan sejumlah wilayah di Irak dan Suriah yang dikuasainya sebagai negara Islam.

XS
SM
MD
LG