Tautan-tautan Akses

Perancis Bertemu Jerman di Perempat Final Piala Dunia


Para pemain Perancis merayakan gol Paul Pogba (no. 19) yang mencetak gol melalui sundulan kepala di menit ke-79. Perancis menang 2-0 atas Nigeria di Brasilia, Senin (30/6).

Para pemain Perancis merayakan gol Paul Pogba (no. 19) yang mencetak gol melalui sundulan kepala di menit ke-79. Perancis menang 2-0 atas Nigeria di Brasilia, Senin (30/6).

Tim ayam jantan Perancis menaklukkan Nigeria 2-0 dan akan menghadapi tim Jerman yang mengalahkan Aljazair 2-1, pada pertandingan perempat final Piala Dunia Jumat, 4 Juli mendatang.

Pertandingan tim Perancis dan 'Elang Super' Nigeria berlangsung di stadion Estádio Nacional de Brasilia, di kota Brasília, Brazil hari Senin (30/6). Pertandingan berlangsung menarik dengan kedua tim silih berganti melakukan serangan.

Pada babak pertama Nigeria berhasil menyarangkan bola ke gawang Hugo Lloris melalui tembakan pemain Ahmed Musa, namun gol ini dianulir oleh wasit karena Musa dinilai telah berdiri offside. Hasil replay membenarkan keputusan wasit yang menyatakan Musa pada posisi offside ketika menerima umpan. Musa, pemain muslim Nigeria dikabarkan tetap menjalankan puasa selama Piala Dunia ini. Babak pertama berakhir dengan tanpa gol 0-0.

Pada babak kedua, Nigeria meningkatkan serangan dan berkali-kali mengancam gawang Lloris, namun semuanya gagal membuahkan gol karena cemerlangnya penampilan kiper yang bermain untuk klub Liga Premier, Tottenham Hotspur.

Justru Perancis yang ganti melakukan serangan akhirnya mencetak gol melalui sundulan kepala Paul Pogba di menit ke-79. Tendangan penjuru pemain Perancis Valbuena ke depan gawang sebelumnya berhasil dihalau oleh kiper Vincent Enyeama, namun bola ini mental tepat di depan posisi Pogba yang menyundul bola ke arah gawang yang lowong tanpa berhasil dihalau pemain Nigeria.

Setelah unggul 1-0, Perancis masih terus menyerang dan menambah keunggulan menjadi 2-0 pada masa injury time di menit ke-91. Umpan ke depan gawang setelah tendangan penjuru pendek, dimanfaatkan oleh pemain Perancis Griezmann. Sontekan pelan Griezmann justru membentur kaki Joseph Yobo dari Nigeria dan membelok ke arah gawang yang lowong karena kiper Enyeama berusaha menutup gerakan Griezmann.

Penyerang Jerman, André Schürrle merayakan gol pertama Jerman ke gawang Aljazair, Senin (30/6).

Penyerang Jerman, André Schürrle merayakan gol pertama Jerman ke gawang Aljazair, Senin (30/6).

Pada pertandingan kedua di stadion Beira-Rio di kota Porto Alegre, Jerman memerlukan babak perpanjangan waktu untuk mengalahkan tim Aljazair. Pertandingan kedua tim berjalan seimbang dengan keduanya silih berganti melakukan serangan.

Peluang-peluang Aljazair sering digagalkan oleh penampilan kiper Manuel Neuer yang bermain gemilang dan kiper yang bermain untuk klub Bayern Munich ini bahkan sering keluar jauh dari gawangnya untuk menghalau bola dengan kakinya. Kiper Aljazair, Rais M'bohli juga bermain cemerlang sehingga hingga 90 menit pertandingan tetap berakhir tanpa gol 0-0.

Pada babak perpanjangan 2x15 menit, saat pertandingan baru berjalan 90 detik, Jerman berhasil mencetak gol pertama melalui tendangan André Schürrle setelah menerima umpan matang dari sayap kiri. Jerman menambah gol di menit ke-119 setelah tendangan pemain Jerman ke arah gawang yang dihalau pemain belakang Aljazair jatuh tepat di depan Mesut Özil yang menceploskan bola ke gawang menjadikan skor 2-0.

Pada masa injury time di menit ke 121, pemain Aljazair Abdelmoumene Djabou memperkecil kekalahan menjadi 2-1. Aljazair masih berusaha untuk menyamakan kedudukan, namun wasit meniup peluit panjang pada menit ke-122 dan pertandingan berakhir dengan 2-1 untuk Jerman.

Dengan kemenangan ini Jerman akan menghadapi Perancis dalam pertandingan perempat final yang akan dilangsungkan di stadion Maracana, Rio de Janeiro hari Jumat, 4 Juli mendatang.

XS
SM
MD
LG