Tautan-tautan Akses

Perancis-Jerman Bicarakan Pertumbuhan Ekonomi


Kanselir Angela Merkel menyambut kedatangan Presiden Baru Perancis, Francois Hollande yang baru dilantik di Berlin (15/5).

Kanselir Angela Merkel menyambut kedatangan Presiden Baru Perancis, Francois Hollande yang baru dilantik di Berlin (15/5).

Presiden Perancis Hollande dan Kanselir Jerman Merkel membicarakan usulan terkait pertumbuhan ekonomi dan menghindarkan krisis mata uang Eropa.

Presiden Perancis Francois Hollande yang baru dilantik terbang ke Berlin untuk pembicaraan penting dengan pemimpin Jerman tidak lama setelah dilantik hari Selasa.

Presiden Hollande dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan mereka akan bekerjasama mengenai usul untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Eropa dan menghindarkan krisis mata uang.

Dalam jumpa pers, Presiden Perancis itu mengatakan ia ingin menunjukkan bahwa kedua negara akan terus melanjutkan persahabatan. Merkel mengutarakan keyakinan bahwa negara mereka dapat menemukan solusi karena keduanya menghendaki perkembangan ekonomi bagi Eropa.

Dalam kampanye pemilunya, Hollande mengecam persetujuan penghematan yang dicapai oleh pendahulunya Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman. Ia mengatakan ia ingin mendorong pertumbuhan dan mengurangi hutang tanpa tindakan yang menyakitkan rakyat.

Kanselir Merkel telah mengatakan perjanjian zona Euro baru-baru ini, yang mengharuskan penghematan anggaran di antara ke-17 negara anggota, tidak dapat dirundingkan atau ditawar-tawar.

Para pemimpin Eropa akan mengadakan pertemuan tidak resmi pekan depan dan pertemuan puncak bulan Juni.

Christopher Dickey, kepala biro majalah Newsweek di Paris, mengemukakan bahwa banyak anggota Uni Eropa berlum meratifikasi perjanjian kestabilan penghematan dan beberapa negaa mungkin tidak akan pernah melakukannya.

Usaha pertama Holande untuk terbang ke Jerman setelah pelantikannya hari Selasa gagal setelah pesawat kepresidenan disambar petir tidak lama setelah lepas-landas dari pangkalan udara militer dekat Paris. Tidak ada yang cedera, tetapi pesawat kembali ke pangkalan, dimana presiden menaiki pesawat lain dan berangkat ke Jerman.
XS
SM
MD
LG