Tautan-tautan Akses

Perancis Gelar Pemilu Parlemen Putaran Kedua


Warga Perancis antri untuk memberikan suaranya dalam Pemilu Parlemen putaran kedua di Louveciennes, 12 kilometer utara Paris (17/6).

Warga Perancis antri untuk memberikan suaranya dalam Pemilu Parlemen putaran kedua di Louveciennes, 12 kilometer utara Paris (17/6).

Perancis sedang melangsungkan pemilu parlemen putaran kedua, di mana partai Sosialis pimpinan Presiden Francois Hollande diperkirakan akan memperoleh kemenangan mayoritas dalam Majelis Nasional yang beranggotakan 577 orang.

Jajak pendapat dan proyeksi perolehan kursi dari pemilu putaran pertama hari Minggu lalu mengindikasikan blok Sosialis bisa diperkirakan akan memperoleh 287 kursi di majelis rendah parlemen. Senat Perancis yang merupakan majelis tinggi parlemen telah dikuasai oleh sayap kiri.

Para analis mengatakan hal itu akan memungkinkan Hollande memberlakukan peraturan-peraturan yang diharapkan akan membantu mengatasi pengangguran dan menggerakkan ekonomi terbesar kedua di zona Euro itu.

Hollande mengalahkan Nicolas Sarkozy dari partai konservatif dalam pemilu presiden putaran kedua 6 Mei lalu. Dia memerlukan dukungan anggota parlemen untuk membujuk para pemimpin Uni Eropa, khususnya kanselir Jerman Angela Merkel, untuk fokus dalam memacu pertumbuhan ekonomi dari pada memberlakukan penghematan lebih jauh di negara-negara Eropa yang mengalami kesulitan ekonomi.
XS
SM
MD
LG