Tautan-tautan Akses

Perancis Buru Buronan Kedua Terkait Serangan Paris


Polisi Perancis mengamankan wilayah dalam adu tembak di Saint-Denis, dekat Paris (18/11), dalam operasi berburu buronan. (Reuters/Benoit Tessier)

Polisi Perancis mengamankan wilayah dalam adu tembak di Saint-Denis, dekat Paris (18/11), dalam operasi berburu buronan. (Reuters/Benoit Tessier)

Analisis rangkaian serangan pada 13 November itu menunjukkan satu orang yang terlibat langsung belum diidentifikasi.

Pejabat-pejabat Perancis sedang mencari buronan kedua yang terlibat langsung serangan Paris. Tiga pejabat, yang berbicara hari Selasa (17/11) tanpa mau disebut namanya karena tidak berwenang merinci penyelidikan yang sedang berlangsung, mengatakan analisis rangkaian serangan pada 13 November itu menunjukkan satu orang yang terlibat langsung belum diidentifikasi.

Tujuh penyerang tewas malam itu, tiga di sekitar stadion nasional, tiga dalam konser Bataclan, dan satu di restoran di dekatnya dalam serangan yang menewaskan setidaknya 129 dan melukai lebih dari 300 lainnya.

Menurut petugas-petugas, sekelompok orang bersenjata juga menembaki beberapa tempat hiburan malam di salah satu lingkungan paling trendi di Paris.

Pihak berwenang Perancis dan Belgia telah mengeluarkan surat perintah untuk menangkap Saleh Abdeslam, yang kakaknya juga penyerang malam itu. Pejabat-pejabat mengatakan buronan kedua belum diidentifikasi.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan kelompok Negara Islam (ISIS) "akan merasakan tekanan lebih besar" dalam beberapa minggu ke depan sementara Amerika, Perancis dan sekutu lain meningkatkan upaya melawan militan yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di Paris.

Kerry berbicara hari Selasa di Paris setelah bertemu Presiden Perancis Francois Hollande dan membahas cara-cara pemerintah mereka bisa lebih efektif dalam memerangi kelompok ISIS. [ka]

XS
SM
MD
LG