Tautan-tautan Akses

Hollande: Perancis akan Lakukan Serangan Udara atas ISIS di Suriah


Presiden Perancis Francois Hollande mengumumkan bahwa Perancis akan memulai serangan udara terhadap militan ISIS di Suriah (14/9).

Presiden Perancis Francois Hollande mengumumkan bahwa Perancis akan memulai serangan udara terhadap militan ISIS di Suriah (14/9).

Hingga saat ini Perancis telah melancarkan serangan udara atas ISIS di Irak saja, khawatir perluasan aksi ke Suriah akan memperkuat kedudukan Presiden Bashar Al Assad.

Presiden Perancis Francois Hollande – yang ikut mengirim pesawat-pesawat pengintai di atas Suriah – hari Senin (14/9) mengumumkan bahwa Perancis akan memulai serangan udara terhadap militan ISIS di negara itu.

“Kami mengumumkan bahwa pesawat-pesawat pengintai yang akan memungkinkan kami mempersiapkan serangan udara jika perlu”, ujar Hollande kepada para wartawan, “dan serangan udara itu perlu dilakukan di Suriah”.

Perancis yang telah menjadi bagian dari koalisi pimpinan Amerika, membom posisi-posisi ISIS di Irak tahun lalu tetapi Hollande mengubah strateginya pekan lalu untuk memperluas tindakan terhadap Suriah, sementara tekanan politik memuncak terkait ancaman para jihadis terhadap Perancis.

Hingga saat ini Perancis telah melancarkan serangan udara di Irak saja, khawatir perluasan aksi ke Suriah akan memperkuat kedudukan Presiden Bashar Al Assad. Tetapi kebijakan itu berubah setelah ISIS memperluas cengkeramannya di wilayah Suriah.

Jajak pendapat baru mendapati 56% warga Perancis mendukung kemungkinan operasi militer terhadap ISIS di Suriah, meski sebagian besar warga yakin intervensi militer tidak akan menyelesaikan krisis di Suriah saat ini.

Perancis sejauh ini mengukuhkan telah melakukan dua penerbangan pengintaian di atas wilayah Suriah.

Amerika, Kanada, Turki dan negara-negara Teluk Persia telah terlibat dalam serangan terhadap militan ISIS di Suriah. Australia pekan lalu mengumumkan akan ikut dalam operasi di Suriah itu.

Inggris menewaskan dua jihadis dalam serangan pesawat tanpa awak di Suriah pekan lalu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG