Tautan-tautan Akses

Peraih CNN Hero dan Andrea Hirata Ramaikan HUT @america

  • Alina Mahamel

Bidan Robin Lim (kedua dari kiri) berfoto bersama Dawn L.Mc.Call (baju putih) dan Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel (kedua dari kanan).

Bidan Robin Lim (kedua dari kiri) berfoto bersama Dawn L.Mc.Call (baju putih) dan Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel (kedua dari kanan).

CNN Hero of the Year 2011, Bidan Robin Lim dan penulis buku fenomenal Laskar Pelangi, Andrea Hirata, ramaikan perayaan ulang tahun pertama @america, pusat Kebudayaan Amerika berteknologi tinggi di dunia saat ini yang ada di Jakarta.

Bidan Robin Lim, peraih CNN Hero of The Year 2011, berulang kali menyerukan kata-kata I love you…I love you...I love you”, dan mengajak para pengunjung @america, Sabtu (14/1) pagi itu, mengikuti perkataannya. Meski sampai saat ini ia masih berkewarganegaraan Amerika, namun sudah lebih dari 20 tahun waktunya dihabiskan untuk mengabdi bagi masyarakat Indonesia.

Ucapan Bidan Robin ini seakan menegaskan kecintaannya kepada Indonesia, “Saya jatuh cinta sama Indonesia. My next generation, my grand children are Indonesian, so my focus must be Indonesia, for the future generation.”

Ibu Robin memutuskan menjadi bidan setelah adiknya meninggal karena komplikasi pasca persalinan. Dengan bantuan bidan-bidan lokal, perawat dan dukun bayi yang ada di Aceh, Bali dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia, ia pun mendirikan Yayasan Bumi Sehat yang membantu persalinan kaum ibu yang tidak mampu.

“Waktu orang melahirkan itu bukan situasi medis, tetapi itu adalah situasi ajaib. Saya ada mimpi bisa bantu banyak orang yang bukan orang kaya tapi orang biasa,” ujar Bidan Robin Lim.

Andrea Hirata, penulis 'Laskar Pelangi'.

Andrea Hirata, penulis 'Laskar Pelangi'.

Perayaan ulang tahun pertama @america juga menghadirkan penulis terkenal Indonesia, Andrea Hirata.

“Seniman memerlukan panggung, orang-orang yang bekerja di bidang seni memerlukan tempat untuk berekspresi. Saya merupakan salah satu orang yang mendapat manfaat dari @america. Contoh nyatanya adalah, kalau tidak ada project seperti ini, dulu mungkin saya tidak akan dapat beasiswa untuk belajar sastra ke Iowa, AS," kata Andrea Hirata.

Andrea Hirata adalah penulis buku fenomenal 'Laskar Pelangi' yang saat ini menjadi satu-satunya buku dari penulis Indonesia yang akan diterbitkan oleh Farrar, Straus and Giroux (FSG), penerbit yang dikenal banyak melahirkan karya sastra dunia pemenang nobel.

Pusat kebudayaan AS, @america telah meraih lebih dari 100.000 pengunjung dan menjadi tempat diselenggarakannya berbagai pertunjukan musik, tari, teater, dan kegiatan yang berkaitan dengan dunia pendidikan, kebudayaan, lingkungan hidup, kewirausahaan hingga berbagai diskusi virtual berteknologi tinggi.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel, kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjadikan @america sebagai tempat berkumpulnya ide-ide kreatif, dan diselenggarakannya kegiatan yang mampu memperkuat hubungan, antara masyarakat Amerika dan Indonesia, terutama kaum muda.

Koordinator Program Informasi Internasional, Departemen Luar Negeri AS. Dawn L.Mc.Call kepada VOA mengatakan kesuksesan membuka pusat kebudayaan digital di Indonesia ini telah menginspirasi dan melahirkan konsep-konsep baru yang bisa dijadikan sebagai acuan bagi pengembangan pusat kebudayaan Amerika di negara-negara lainnya.

XS
SM
MD
LG