Tautan-tautan Akses

Perahu Karam Tewaskan 24 Migran Afghanistan


Pasukan penjaga pantai Turki berusaha mencari migran Afghanistan yang selamat, akibat perahu yang tenggelam di lepas pantai Turki, Senin (3/11).

Pasukan penjaga pantai Turki berusaha mencari migran Afghanistan yang selamat, akibat perahu yang tenggelam di lepas pantai Turki, Senin (3/11).

Sedikitnya 24 migran dari Afghanistan tenggelam Senin (3/11) ketika perahu yang mengangkut mereka ke Eropa karam di lepas pantai Turki.

Garda Pantai Turki menyelamatkan tujuh orang dari perairan dekat Selat Bosphorus yang membagi Istanbul, tetapi 12 orang lain diduga hilang. Tim penyelamat melanjutkan pencarian dengan perahu dan helikopter Garda Pantai.

Tidak jelas bagaimana perahu itu tenggelam, tapi pemerintah percaya perahu itu menuju ke Bulgaria atau Rumania, dan masing-masing migran telah membayar penyelundup lebih dari $ 8.700 dalam upaya mencapai Eropa untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Puluhan ribu migran dari Afrika, Timur Tengah dan tempat lain setiap tahun memadati perahu yang sering tidak aman dalam upaya melarikan diri dari tanah air mereka. Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan sekitar 150.000 migran telah mencapai Eropa dengan aman dalam 10 bulan pertama tahun ini, namun sekitar 3.200 tewas dalam berbagai kecelakaan kapal.

Upaya penyelamatan yang sering dilakukan itu telah memicu kemarahan setidaknya dua pemerintah Eropa. Inggris mengatakan pekan lalu tidak akan mendukung operasi SAR Uni Eropa untuk menyelamatkan migran yang tenggelam di Laut Tengah, sementara Italia mengatakan sedang mengakhiri program terkait yang telah menyelamatkan ribuan orang di lepas pantainya.

XS
SM
MD
LG