Tautan-tautan Akses

Ratko Mladic Hadapi 11 Tuntutan di Mahkamah Internasional


Mantan pemimpin militer Serbia Jendral Ratko Mladic hadir dalam pengadilan militer di Den Haag, Belanda (16/5).

Mantan pemimpin militer Serbia Jendral Ratko Mladic hadir dalam pengadilan militer di Den Haag, Belanda (16/5).

Peradilan bagi mantan Panglima Militer Serbia-Bosnia Jenderal Ratko Mladic telah dimulai di pengadilan PBB di Den Haag, Belanda.

Tim jaksa kini menyampaikan tuduhan terhadap komandan militer yang menakutkan dan dinilai bersalah ikut merekayasa genosida atau pemusnahan massal dua puluh tahun lalu di Bosnia-Herzegovina.

Mantan Komandan Tentara Serbia-Bosnia Jendral Ratko Mladic menghadapi sebelas tuduhan, termasuk genosida, kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Jaksa Dermot Groome dalam pernyataan pembukaannya mengemukakan bahwa semua tuduhan itu akan terbukti tanpa keraguan. Dermot Groome mengatakan beberapa metode Ratko Mladic dimaksudkan untuk memusnahkan siapa saja yang bukan etnis Serbia.

Tim jaksa mengatakan Ratko Mladic ikut merekayasa pengepungan berdarah atas Sarajevo – ibukota Bosnia – pada awal tahun 1990an. Tim jaksa juga mengatakan Ratko Mladic memberi perintah untuk membantai delapan ribu laki-laki dan anak laki-laki Muslim di luar kota Srebrenica – Bosnia.

Di Srebrenica, keluarga para korban yang menonton proses pengadilan melalui televisi, menahan kesedihan mereka.

Ratko Mladic adalah tersangka utama terakhir dalam kejahatan perang Bosnia yang diadili, 20 tahun setelah perang dimulai. Mantan jendral itu ditangkap tahun lalu, setelah sekitar 16 tahun buron sebagai orang paling dicari di Eropa.

Penyajian bukti dijadwalkan tanggal 29 Mei, tetapi hakim Orie mengatakan ini mungkin ditunda karena kekeliruan jaksa dalam cara mengungkapkan bukti teresbut kepada tim pembela.

XS
SM
MD
LG