Tautan-tautan Akses

Penyelundup Manusia Kembali Beraksi di Indonesia


Kapal Angkatan Laut Australia (kiri) mengawasi sebuah kapal pencari suaka di dekat Pulau Christmas, Australia (foto: dok).

Kapal Angkatan Laut Australia (kiri) mengawasi sebuah kapal pencari suaka di dekat Pulau Christmas, Australia (foto: dok).

Sebuah kapal berisi sejumlah laki-laki asal Bangladesh, India dan Pakistan yang sedang menuju ke Pulau Christmas, Australia ditangkap di pantai Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/9).

21 penumpang kapal yang sedang menuju ke Pulau Christmas telah ditangkap setelah kapal mereka terdampar di pantai Cianjur, Jawa Barat.

Wisnu Galih, kepala imigrasi di Sukabami, Jawa Barat mengatakan bahwa sejumlah laki-laki asal Bangladesh, India dan Pakistan yang naik kapal itu hendak menuju ke Australia.

Ini merupakan insiden penyelundupan manusia pertama sejak Malcolm Turnbull terpilih sebagai perdana menteri. Kasus penyelundupan manusia ini menjadi ujian bagi pemerintahan Turnbull, karena para penyelundup manusia ingin melihat apakah kebijakan imigrasinya akan lebih lunak dari pemerintahan sebelumnya terkait pendekatannya terhadap kebijakan imigrasi.

Seperti dikutip Radio Nasional ABC, Turnbull menyatakan keprihatinannya atas kondisi di pusat-pusat pemrosesan imigran di luar Australia, tetap mengatakan tidak akan melakukan perubahan dalam kebijakan pemerintahannya. [vm/ii]


XS
SM
MD
LG