Tautan-tautan Akses

Penyelamatan Buruh Tambang di Chili Mulai Pertengahan Bulan Ini


Sebuah kapsul penyelamat tiba di lokasi terkurungnya para buruh tambang di pertambangan San Jose di kota Copiapo, Chili, 25 September 2010.

Sebuah kapsul penyelamat tiba di lokasi terkurungnya para buruh tambang di pertambangan San Jose di kota Copiapo, Chili, 25 September 2010.

Menteri pertambangan Chili mengatakan penyelamatan itu beberapa minggu lebih cepat daripada perkiraan semula.

Menteri pertambangan Chili mengatakan pihak berwenang pertengahan bulan ini akan mulai menolong 33 buruh tambang yang terkurung, beberapa minggu lebih cepat daripada yang diperkirakan semula.

Laurence Golborne mengatakan hari Jumat para petugas pertolongan akan menggunakan mesin untuk menarik buruh tambang itu satu-per-satu dalam satu kapsul pertolongan selama dua minggu terakhir bulan Oktober.

Usaha pertolongan tadinya diperkirakan awal November bagi buruh tambang yang sudah terkurung 700 meter di bawah tanah sejak awal Agustus lalu. Mereka menerima makanan, obat-obatan, video dan surat dari para anggota keluarga melalui terowongan perbekalan yang kecil.

Hampir seminggu lalu, kapsul pertama dari tiga buah kapsul penyelamat tiba di lokasi di mana para buruh tambang tersebut terkurung di bawah tanah. Kapsul yang dibuat khusus itu hampir dua meter panjangnya dan 53 sentimeter lebarnya, cukup besar untuk membawa buruh tambang itu satu-per-satu naik ke permukaan.

XS
SM
MD
LG