Tautan-tautan Akses

Penyanyi Natalie Cole Meninggal Dunia pada Usia 65 Tahun


Penyanyi Natalie Cole (kiri) menyaksikan penamaan perangko untuk menghormati ayahnya, Nat “King” Cole (foto: dok).

Penyanyi Natalie Cole (kiri) menyaksikan penamaan perangko untuk menghormati ayahnya, Nat “King” Cole (foto: dok).

Penyanyi pemenang piala Grammy Natalie Cole, putri penyanyi legendaris jazz Nat “King” Cole, meninggal dunia Kamis (31/12) pada usia 65 tahun.

Sebuah pernyataan keluarga mengatakan penyanyi Natalie Cole meninggal hari Kamis (31/12) di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles karena “masalah kesehatan yang sudah lama dideritanya”.

Menurut pernyataan itu Natalie Cole “telah dengan gigih melawan penyakitnya, dan menghadapi ajal sebagaimana ia menjalani dalam hidupnya – dengan martabat, kekuatan dan kehormatan”.

Mengutip lagunya yang paling terkenal, keluarganya juga mengatakan, “ Ibu dan suadara perempuan kami yang tercinta akan sangat dirindukan dan tetap Unforgetable (tidak terlupakan) dalam hati kami untuk selamanya.”

Situs gosip selebriti TMZ mengatakan di websitenya Cole meninggal karena gagal jantung akibat penyumbatan pembuluh darah, tetapi TMZ diberuitahu bahwa masalah medis penyebabnya adalah komplikasi cangkok ginjal dan Hepatitis C. Cole berjuang melawan kecanduan obat terlarang dan alkohol pada waktu lampau dan menjalani pencangkokan ginjal tahun 2009.

Natalie Cole memulai kariernya sebagai penyanyi R&B dan telah menghasilkan lagu-lagu hit termasuk lagu pemenang Grammy, “This Will Be”.

Namun karier Cole, mencapai status superstar ketika dia merekam album tahun 1991, “Unforgetable … with Love”, untuk menghormati ayahnya, yang meninggal tahun 1965.

Album itu mencakup versi karya ulang beberapa lagu-lagu terbaik ayahnya. Lagu yang berjudul “Unforgetable” merupakan perpaduan suara Natalie Cole dengan suara ayahnya.

Para ahli menggunakan teknologi yang dianggap canggih pada waktu itu untuk membuatnya kedengaran bahwa ayah dan anaknya menyanyi berduet.
Lagu itu menjadi hit bagi Nat “King” Cole tahun 1951.

Lagu itu dan albumnya memenangkan beberapa piala Grammy bagi Natalie Cole. Selain penyanyi R&B, Natalie Cole juga mendalami musik pop dan jazz. Lagu-lagu hit lain Natalie Cole antara lain adalah “Our Love” dan karya ulang “Pink Cadillac,” lagu yang aslinya dinyanyikan oleh Bruce Springsteen.

Pemimpin perjuangan hak sipil Jesse Jackson adalah salah satu yang memberikan penghormatan kepada Nataslie Cole. Dalam tweet dia menyebut Natalie Cole sebagai “saudara perempuan tercinta … dalam substansi dan suara. Semoga arwahnya mendapatkan kedamaian”. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG