Tautan-tautan Akses

Penyakit Polio Belum Tuntas Diberantas


Seorang anak di wilayah Jalalabad, Afghanistan, sedang divaksinasi polio melalui mulut.

Seorang anak di wilayah Jalalabad, Afghanistan, sedang divaksinasi polio melalui mulut.

Penyakit polio belum tuntas diberantas, karena kadang-kadang penyakit ini seolah-olah menghilang, namun kembali muncul lagi.

Pengusaha dan dermawan Amerika Bill Gates tetap percaya bahwa epidemi polio dapat dihentikan. Dana dari Bill dan Melinda Gates Foundation telah membantu upaya melawan polio selama lebih dari dua puluh tahun. Yayasan itu baru-baru ini mengumumkan para pemenang program Grand Challenges Explorations. Beberapa pemenang diberi penghargaan atas karya mereka terkait polio, termasuk penelitian untuk membuat vaksin-vaksin baru.

Setiap pemenang akan menerima dana bantuan seratus ribu dolar. Peserta yang bersaing untuk penghargaan dana itu didesak untuk mengembangkan ide-ide non-konvensional. Tujuannya adalah untuk mempercepat upaya koalisi internasional untuk mengalahkan polio.

Sebagian dana Grand Challenges Explorations diberikan untuk penelitian yang bisa memperbaiki vaksin polio untuk anak-anak di negara berkembang. Vaksin yang kini digunakan diberikan lewat mulut. Vaksin ini mengandung virus polio yang sudah diperlemah.

Perubahan dalam virus hidup bisa menyebabkan kelumpuhan, suatu hal yang sangat langka. Virus ini menyerang satu dari setiap 250 juta anak-anak yang menerima vaksin polio. Namun, para peneliti berupaya keras untuk mencegah tragedi itu.

Secara umum, kampanye anti-polio di seluruh dunia mengalami kemajuan besar dalam dua puluh tahun terakhir. Vaksin polio telah mengurangi jumlah penderita yang tercatat hingga 99 persen sejak tahun 1988. Saat itulah usaha kerjasama Inisiatif Pemberantasan Polio Global dimulai.

Vaksin ini sangat penting karena obat antibiotik tidak ampuh setelah seseorang tertular. Antibiotik hanya dapat membunuh bakteri, bukan virus. Tidak ada obat untuk polio. Pengobatan termasuk istirahat, penambahan cairan dalam tubuh dan obat-obatan untuk mengontrol gejala seperti demam tinggi.

Virus polio ditularkan dengan mudah dari orang ke orang. Virus ini menyebar melalui cairan di mulut dan hidung, bahan limbah dan sistem perairan. Polio yang disebabkan vaksin atau ada hubungannya dengan vaksin, jarang terjadi. Kalaupun terjadi, itu disebabkan perubahan bahan-bahan genetika pada vaksin itu.

XS
SM
MD
LG