Tautan-tautan Akses

Penyair Swedia Raih Hadiah Nobel Sastra 2011


Penyair Swedia berusia 80 tahun, Tomas Transtromer memenangkan Nobel Sastra tahun 2011 (foto: dok).

Penyair Swedia berusia 80 tahun, Tomas Transtromer memenangkan Nobel Sastra tahun 2011 (foto: dok).

Penyair Swedia berusia 80 tahun, Tomas Transtromer memenangkan Nobel Sastra tahun ini dan akan menerima hadiah 1,5 juta dolar AS.

Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia telah menganugerahkan Hadiah Nobel untuk Sastra 2011 kepada penyair Swedia berusia 80 tahun Tomas Transtromer.

Dewan Juri hari Kamis mengatakan bahwa Transtromer mendapat kehormatan itu "karena, melalui gambar-gambar ringkas, tembus pandang, ia memberi kita akses segar ke realitas."

Sekretaris tetap Swedish Academy Peter Englund yang mengeluarkan pengumuman itu, membenarkan keputusan akademi tersebut yang memilih orang Swedia dengan mengatakan prosesnya dipikirkan dengan matang.

Ini bukanlah penghargaan sastra yang pertama kali bagi Tomas Transtromer yang puisinya telah diterjemahkan ke dalam hampir 60 bahasa dalam lima dekade terakhir.

Transtomer, seorang psikologis, pertama kali muncul dalam panggung sastra tahun 1954 dengan koleksinya yang disebut 17 Dikter atau 17 puisi diterbitkan oleh Bonnier.

Putrinya, Paula Transtomer mengatakan ia dan ayahnya merasa terkejut. Dia mengatakan ayahnya mengetahui berita itu lima menit sebelum diumumkan di televisi sehingga ia tidak punya waktu untuk menyiapkan diri. Itu sebabnya ia terlihat tenang. Dan Paula merasa ayahnya masih terkejut.

Transtromer akan menerima 1,5 juta dolar karena memenangkan Hadiah Sastra itu, Hadiah Nobel keempat tahun ini. Hadiah ini diumumkan setelah diumumkannya hadiah untuk kedokteran pada hari Senin, fisika pada hari Selasa, dan kimia pada hari Rabu.

Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia akan mengumumkan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2011 pada hari Jumat ini.

Hadiah Nobel diciptakan oleh Alfred Nobel, seorang industrialis kaya dari Swedia yang menjadi inventor dinamit. Penghargaan untuk ekonomi akan diumumkan tanggal 10 Oktober. Hadiah-hadiah Nobel pertama diberikan pada tahun 1901.

XS
SM
MD
LG