Tautan-tautan Akses

AS

Obama: Penutupan Departemen Keamanan Dalam Negeri Pengaruhi Ekonomi


Presiden AS Barack Obama berbicara dalam pertemuan para Gubernur Negara Bagian di Gedung Putih, Senin (23/2).

Presiden AS Barack Obama berbicara dalam pertemuan para Gubernur Negara Bagian di Gedung Putih, Senin (23/2).

Anggaran Departemen Keamanan Dalam Negeri AS akan habis pekan ini, karena sengketa politik di Kongres AS mengenai isu imigrasi.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan, penutupan sebagian Departemen Keamanan Dalam negeri akan berdampak langsung pada perekonomian, dan juga keamanan nasional.

Berbicara dalam pertemuan para Gubernur negara bagian di Gedung Putih, Presiden Obama mengatakan, penutupan sebagian Departemen itu akan berarti lebih dari 100.000 patroli perbatasan, inspeksi pelabuhan, dan para petugas keamanan lapangan udara tidak bakal menerima gaji.

Anggaran belanja badan tersebut 40 milyar dolar akan habis pekan ini, karena sengketa politik mengenai imigrasi. Sebagian besar dari 230.000 pegawai departemen itu akan tetap bekerja, tetapi tidak menerima gaji sampai Kongres menyetujui anggaran bagi Departemen tersebut.

Dalam bulan November, Presiden Obama membuat perubahan besar dalam peraturan imigrasi melalui perintah eksekutif. Partai Republik menuduh Presiden telah melangkahi wewenangnya, sehingga mencegah anggaran untuk Departemen tersebut. Anggaran bisa disetujui hanya jika pihak Demokrat setuju perintah eksekutif tersebut.

XS
SM
MD
LG