Tautan-tautan Akses

Penurunan Angka Pengangguran di AS Dongkrak Harga Saham


Laporan bulan Januari 2012 menunjukkan pengangguran di AS turun menjadi 8,3 persen dan lapangan kerja bertambah 243 ribu pekerjaan.

Laporan bulan Januari 2012 menunjukkan pengangguran di AS turun menjadi 8,3 persen dan lapangan kerja bertambah 243 ribu pekerjaan.

Harga saham Amerika naik tajam hari Jumat setelah pemerintah melaporkan pertumbuhan lapangan pekerjaan yang kuat dan penurunan tingkat pengangguran.

Departemen Tenaga Kerja mengatakan ekonomi membaik dengan adanya 243.000 pekerjaan baru, dan tingkat pengangguran turun dua persepuluh persen menjadi 8,3 persen. Ini adalah bulan kelima berturut-turut tingkat pengangguran menurun, dan kenaikan lapangan pekerjaan terbesar sejak April lalu.

Indeks Dow Jones mencapai tingkat tertinggi sejak tahun 2008, dan harga minyak naik karena spekulasi bahwa ekonomi yang membaik akan meningkatkan permintaan akan energi dan menaikkan harga.

Angka pengangguran yang tinggi telah menjadikan ekonomi sebagai isu teratas dalam pemilihan presiden tahun ini. Presiden Barack Obama mengatakan perekonomian semakin kuat, tapi masih banyak warga Amerika yang menganggur. Dia mendesak Kongres untuk mengambil tindakan untuk melanjutkan pemangkasan pajak gaji yang katanya akan membantu pertumbuhan pekerjaan lebih banyak.

Tapi kandidat Presiden dari Partai Republik Mitt Romney mengatakan pemulihan ekonomi itu lebih lamban dari yang seharusnya, dan mengatakan kebijakan Obama telah menghambat kemajuan. Romney adalah kandidat terdepan dari Partai Republik untuk pencalonan Presiden dari partai mereka untuk menantang Obama dalam pemilu November mendatang.

XS
SM
MD
LG