Tautan-tautan Akses

Penulis 'Best-Seller' Amerika Tom Clancy Tutup Usia


Tom Clancy di rumahnya di Calvert County, Maryland (foto: dok).

Tom Clancy di rumahnya di Calvert County, Maryland (foto: dok).

Tom Clancy terkenal dengan novelnya: The Hunt untuk Red October, Patriot Games dan Clear and Present Danger.

Penulis laris Amerika, Tom Clancy, yang novel mata-mata dan thriller militernya menginspirasi banyak film Hollywood dan video game, telah meninggal dunia pada usia 66.
Laporan media AS mengatakan Clancy wafat Selasa di sebuah rumah sakit di Baltimore, Maryland.
Dua puluh novelnya, termasuk The Hunt For Red October, Patriot Games dan Clear and Present Danger, melukiskan dengan rinci dunia mata-mata, tentara dan politisi. Buku berikutnya, Command Authority, direncanakan untuk dirilis 3 Desember mendatang.
Tema yang sering diulas oleh Clancy termasuk di antaranya adalah tentang Perang Dingin, perdagangan narkotika dan perpecahan Uni Soviet.
The Hunt For Red October yang dicetak 1984, kisah fiksi mengenai perwira Angkatan Laut Soviet yang membelot bersama dengan kapal selamnya, memberikan Clancy reputasi sebagai seseorang dengan pengetahuan lengkap mengenai teknologi tinggi, khususnya mengenai kemampuan kapal selam di Amerika Serikat dan mantan Uni Soviet.
The Sum of All Fears, novel laris terbitan 1991, berkisah mengenai kemungkinan perangkat nuklir jatuh ke tangan teroris.
Tom Clancy adalah seorang salesman asuransi sebelum beralih ke menulis fiksi penuh waktu. Ia lahir pada tahun 1947, anak kedua dari tukang pos di Baltimore, Maryland.
Semasa hidupnya, ia tinggal bersama istri dan empat anak di Chesapeake Bay di Maryland.
XS
SM
MD
LG