Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon Selidiki Penyebab Musibah Tabrakan Kapal Selam AS


Kapal penjelajah USS San Jacinto (Foto: dok). Pentagon tengah menyelediki sebab-sebab tabrakan sebuah kapal selam angkatan laut AS USS Montpelier dengan kapal penjelajah USS San Jacinto, Sabtu (13/10).

Kapal selam USS Montpelier dan kapal penjelajah Aegis USS San Jacinto bertubrukan pada pukul 3:30 sore, Sabtu (13/10).

Pentagon sedang menyelidiki sebab-sebab tabrakan sebuah kapal selam Angkatan Laut AS dengan sebuah kapal penjelajah Aegis dalam operasi rutin di sebuah lokasi yang dirahasiakan namanya.

Komando Armada Angkatan Laut AS mengatakan dalam surat edarannya, kapal selam USS Montpelier dan kapal penjelajah Aegis USS San Jacinto bertubrukan pada pukul 3:30 sore. Tidak ada orang yang cedera, dan kerusakan pada kedua kapal belum secara jelas diketahui pada Sabtu malam, menurut Letnan Kolonel Brian Badura dari Fleet Forces Command.

Para pejabat angkatan laut menegaskan bahwa tabrakan itu sedang diselidiki, tetapi menolak memberikan rincian mengenai langkah apa yang akan diambil selanjutnya diambil atau lokasi di mana insiden tersebut terjadi.

Surat edaran tadi menyebutkan sedang dilakukan penelitian terhadap kemungkinan kerusakan pada kedua kapal untuk memastikan tidak adanya kerusakan mesin pada kapal selam akibat tabrakan tersebut. Kedua kapal angkatan laut AS itu berlabuh di dermaga di Norfolk, Virginia dan beroperasi dengan mesin otomatis.
XS
SM
MD
LG