Tautan-tautan Akses

Pentagon: Pemimpin ISIS Ungkap Rincian Senjata Kimia ISIS


Juru bicara Pentagon, Peter Cook (foto: dok).
Juru bicara Pentagon, Peter Cook (foto: dok).

Pentagon mengatakan bahwa Sleiman Daoud Al-Bakkar alias Abu Daoud, pemimpin ISIS yang ditangkap bulan lalu, adalah “tokoh pembuat senjata kimia dan senjata tradisional ISIS”.

Para pejabat pertahanan AS mengatakan, pejabat penting ISIS yang ditangkap oleh pasukan Amerika bulan lalu, telah diserahkan kepada Irak, setelah memberikan informasi berharga kepada koalisi pimpinan AS tentang kemampuan senjata kimia kelompok militan itu.

Juru bicara Pentagon, Peter Cook menyebut Sleiman Daoud Al-Bakkar, alias Abu Daoud, sebagai “tokoh pembuat senjata kimia dan senjata tradisional ISIS”. Dia mengatakan, tersangka mengungkapkan rincian tentang fasilitas dan produksi senjata kimia ISIS, serta orang-orang yang terlibat.

"Informasi itu telah mengakibatkan beberapa kali serangan udara koalisi yang mengacaukan dan menurunkan kemampuan ISIS untuk memproduksi senjata kimia dan akan terus membantu operasi kami pada masa depan," kata Cook.

Penangkapan anggota operasi ISIS itu oleh pasukan khusus amerika itu dilaporkan awal bulan ini, tetapi identitas dan perannya dalam program senjata kimia kelompok militan itu baru diungkapkan minggu ini. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG