Tautan-tautan Akses

Pentagon Akui Kirim Ratusan Pasukan Tambahan ke Irak


Menhan AS berbicara dengan pasukan AS di Baghdad, Irak Juli tahun lalu (foto: dok).

Menhan AS berbicara dengan pasukan AS di Baghdad, Irak Juli tahun lalu (foto: dok).

Pentagon mengakui, pasukan Amerika yang bertugas di Irak, ratusan lebih banyak dari sebelumnya diumumkannya, demikian kata pejabat AS, Rabu (3/2).

Pentagon hari Rabu (3/2) mengatakan ada 3.550 pasukan Amerika dikerahkan di darat di Irak untuk melatih dan melengkapi pasukan keamanan lokal dalam memerangi ISIS.

Departemen Pertahanan AS telah meningkatkan jumlah itu menjadi 3.870 tentara. Namun, juru bicara militer Amerika yang berkantor di Baghdad, Kolonel Steve Warren, Rabu, mengatakan angka itu lebih banyak lagi dan "dengan jujur mengatakan", ada ratusan pasukan tambahan lagi, selain angka yang disebutkan itu, dengan alasan itu adalah bagian dari rotasi yang wajar dari pasukan yang masuk dan keluar.

Kehadiran pasukan itu kecil dibandingkan ketika puncak Perang Irak, ketika Amerika mengirim hampir 160.000 tentara di negara itu selama berlangsung peningkatan perang disana.

Tapi Perang Irak secara resmi berakhir pada akhir 2011 dan Amerika menarik pasukannya dari negara itu.

Ketika Presiden Barack Obama pada tahun 2014 meluncurkan serangan udara terhadap jihadis ISIS, dia mengatakan, tidak akan mengirim pasukan Amerika untuk bertempur di darat.

Para pejabat militer telah mendengar janji itu dengan menekankan tidak ada pasukan Amerika yang ikut bertempur. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG