Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon Beri Daftar Kemungkinan Lokasi Pengganti Guantanamo Bay


Papan petunjuk "Camp 6" di fasilitas penjara Guantanamo Bay, Kuba (Foto: dok).

Papan petunjuk "Camp 6" di fasilitas penjara Guantanamo Bay, Kuba (Foto: dok).

Departemen Pertahanan Amerika diperkirakan akan memberi laporan kepada Kongres hari Selasa (23/2) mengenai cara menutup pusat tahanan militer di Guantanamo Bay, Kuba.

Presiden Barack Obama membuat penutupan sarana itu salah satu prioritasnya ketika ia memangku jabatan tahun 2009, tetapi sampai kurang dari setahun sisa masa kepresidenannya kira-kira 91 tahanan masih ada disana.

Laporan tersebut diperkirakan akan mencakup pembicaraan tempat-tempat di Amerika Serikat kemana militer dapat memindahkan kira-kira 60 tahanan, tetapi bukan rekomendasi tempat yang mana sebaiknya dipilih. Tempat-tempat yang mungkin antara lain penjara federal di Kansas, Colorado dan South Carolina, serta sarana-sarana militer.

Undang-undang Amerika yang ada sekarang melarang pemindahan para tahanan Guantanamo Bay ke lokasi-lokasi dalam wilayah Amerika Serikat. Sebagian orang mengatakan pemindahan itu dapat menimbulkan keprihatinan keamanan. Gedung Putih telah membiarkan kemungkinan terbuka bagi Obama untuk menggunakan perintah eksekutif atau instruksi presiden untuk menutup Guantanamo.

Presiden telah mengatakan tempat itu sedang digunakan teroris sebagai alat merekrut dan menodai citra Amerika. [gp]

XS
SM
MD
LG