Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon Anggarkan $58,8 Milyar untuk Operasi Luar Negeri


Menhan AS Ash Carter memberikan keterangan pers di Pentagon (foto: dok).

Menhan AS Ash Carter memberikan keterangan pers di Pentagon (foto: dok).

Anggaran Pentagon tahun depan, termasuk $58,8 milyar untuk operasi tidak terduga di luar negeri atau OCO (Overseas Contingency Operations).

Anggaran Pentagon tahun depan, termasuk $58,8 milyar untuk operasi tidak terduga di luar negeri atau OCO, yang akan mendanai perang mulai dari Irak ke Afghanistan, serta melipat-empatkan pendanaan untuk kegiatan guna memberi jaminan kepada sekutu-sekutu Eropa.

Kebanyakan anggaran OCO ini mendanai operasi kontra-terorisme di Afghanistan, di mana 9.800 pasukan Amerika akan tinggal sepanjang 2016 sebelum diturunkan menjadi 5.500 pada awal 2017.

Kenaikan terbesar dalam anggaran OCO ini dialokasikan untuk menghadapi ancaman semakin besar dari ISIS di Irak dan Suriah, serta ancaman agresi Rusia di Eropa Timur.

Pendanaan untuk operasi Inherent Resolve atau OIR, operasi melawan ISIS di Irak dan Suriah dinaikkan dari 5 milyar menjadi 7,5 milyar dolar. Sebagian besar anggaran OIR diperuntukkan pembelian 45 ribu bom pintar dilengkapi GPS dan roket yang dikemudikan laser, yang telah menjadi senjata ampuh dalam kampanye udara terhadap ISIS.

Anggaran OCO ini menaikkan pendanaan dari $0,8 milyar menjadi $3,4 milyar untuk Inisiatif Menjamin Eropa. Inisiatif ini termasuk tiga rotasi berkesinambungan dari brigade tempur di Eropa, peningkatan sarana kunci di komando tempur Eropa, serta pelatihan dan latihan militer dengan sekutu-sekutu Eropa.

Anggaran OCO mencapai 10 persen dari keseluruhan anggaran pertahanan untuk Tahun Fiskal 2017. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG