Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon: Afghanistan akan Terus Perlukan Bantuan Pasca 2014


Pentagon, kantor pusat Departemen Pertahanan Amerika (Foto: dok).

Pentagon, kantor pusat Departemen Pertahanan Amerika (Foto: dok).

Laporan baru Pentagon kepada Kongres Amerika mengatakan Afghanistan akan memerlukan bantuan militer asing jangka panjang yang besar, segera setelah penarikan pasukan NATO.

Dalam laporan dua kali setahun mengenai kemajuan perang di Afghanistan, pejabat-pejabat tinggi militer Amerika mengatakan banyak lagi latihan keamanan dan bantuan keuangan asing akan diperlukan untuk menjamin bahwa pemerintah Kabul dapat bertahan terhadap pemberontakan Taliban yang yang terus berlangsung.

Laporan baru Pentagon kepada Kongres Amerika mengatakan pasukan keamanan Afghanistan akan memerlukan bantuan militer asing jangka panjang yang besar, segera setelah pasukan tempur NATO meninggalkan negara itu tahun depan.

Laporan hari Selasa itu dikeluarkan sementara perundingan Amerika dengan pemerintah Afghanistan tetap macet mengenai persetujuan keamanan yang dapat memperpanjang kehadiran Amerika melampaui batas mandat NATO bulan Desember tahun 2014. Pembicaraan tersebut mulai tahun lalu, tetapi pihak berwenang telah mengakui hampir tidak ada kemajuan belakangan ini.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menghentikan pembicaraan bulan lalu karena perselisihan mengenai tempat kemungkinan pembicaraan perdamaian dengan Taliban, dan hubungan Amerika-Afghanistan telah mendingin sejak itu. Belum ada tanggal diumumkan untuk melakukan pembicaraan lagi.
XS
SM
MD
LG