Tautan-tautan Akses

Pentagon: Ada Kemajuan dalam Penegakan Keamanan di Afghanistan


Laporan terbaru Pentagon menyebut Taliban sebagai musuh yang masih kuat di beberapa kantong di Afghanistan.

Laporan terbaru Pentagon menyebut Taliban sebagai musuh yang masih kuat di beberapa kantong di Afghanistan.

Departemen Pertahanan AS, Pentagon, mengeluarkan laporan enam bulanan kepada Kongres AS, yang menggarisbawahi kemajuan di bidang keamanan di Afghanistan.

Departemen Pertahanan Amerika melaporkan adanya kemajuan dalam penegakan keamanan di bagian-bagian penting Afghanistan. Tetapi, laporan Dephan AS atau Pentagon, juga menyebut Taliban sebagai musuh yang tangguh dengan kemampuan yang masih besar.

Dalam laporan enam bulanan yang dikeluarkan pada hari Selasa, Pentagon juga mengakui bahwa usaha memperkuat pemerintah Afghanistan dan menggalakkan pembangunan ekonomi sedang ketinggalan dibanding kemajuan keamanan.

Laporan yang diminta oleh Kongres Amerika ini, mengatakan masih banyak usaha yang harus dilakukan untuk meyakinkan rakyat Afghanistan agar mendukung pemerintah mereka, dan bukan pemberontak.

Laporan tersebut menyebut Taliban musuh yang tangguh, tetapi mengatakan serangan yang terus dilakukan oleh pihak militan hanya berpengaruh terhadap keadaan setempat dalam bidang-bidang tertentu.

Laporan ini keluar tak lama setelah Panglima Militer AS dan NATO di Afghanistan Jenderal David Petraeus mengatakan kepada para mahasiswa di Paris, pasukan Afghanistan sudah mulai menunjukkan tanda-tanda siap mengambil alih tanggung jawab keamanan pada tahun 2014.

XS
SM
MD
LG