Tautan-tautan Akses

Rock and Roll Hall Of Fame 2010 Nobatkan BIntang-Bintang Legendaris

  • Rauf Prasodjo
  • Made Yoni

Genesis kelompok asal Inggris dengan anggota terakhirnya Phill Collins, Tony Banks dan Mike Rutherford dalam acara ini hadir tanpa Peter Gabriel yang merintis awal karir kelompok Genesis.

Genesis kelompok asal Inggris dengan anggota terakhirnya Phill Collins, Tony Banks dan Mike Rutherford dalam acara ini hadir tanpa Peter Gabriel yang merintis awal karir kelompok Genesis.

Upacara penobatan tahunan Rock & Roll Hall Of Fame berlangsung Senin malam di Hotel Waldorf Astoria , Manhattan, New York.

Upacara penobatan tahunan Rock & Roll Hall Of Fame, berlangsung Senin malam di Hotel Waldorf Astoria , Manhattan, New York meresmikan masuknya kelompok musik Genesis, The Hollies, The Stooges ,ABBA, Jimmy Cliff serta sejumlah penulis lagu dalam deretan penyanyi dan musisi berkualitas yang sudah dinobatkan sebelumnya. Penobatan Senin malam adalah ajang tahunan Rock & Roll Hall Of Fame yang ke 25.

Rock & Roll Hall of Fame tidak lagi terbatas pada musik Rock & Roll namun kini meluas pada berbagai jenis musik lain, musik yang melakukan terobosan serta punya ciri khas. Kelompok dan tokoh-tokoh musik baru berhak dicalonkan masuk kedalam legenda Rock & Roll Hall Of Fame, 25 tahun setelah peluncuran rekaman lagu atau album mereka yang pertama.

Genesis kelompok asal Inggris dengan anggota terakhirnya Phill Collins, Tony Banks dan Mike Rutherford dalam acara ini hadir tanpa Peter Gabriel yang merintis awal karir kelompok Genesis. Genesis memang sudah jarang tampil bersama Phill Collins mengatakan meskipun mereka tidak lagi merekam album bersama, namun masing-masing tetap mengusung nuansa Genesis pada rekaman album solo mereka.

ABBA kelompok asal Swedia yang terkenal dengan lagu Mama Mia, Dancing Queen dalam acara penobatan diwakili oleh Benny Anderson dan Anni Frid (Frida) Lyngstad, dua anggota lainnya Bjorn Ulvaeus dan Agnetha Faltskog absen karena kesibukan mereka di Eropa. ABBA sebenarnya telah dinominasikan untuk masuk dalam jajaran Rock & Roll Hall of Fame sejak tahun 1999, 25 tahun setelah mereka merilis albumnya di Amerika, Waterloo. Benny Anderson mengatakan ia sangat senang dengan kehormatan yang mereka terima.

Anni Frid Frida mengatakan kebanggaannya masuk dalam Rock & Roll Hall Of Fame lebih pada prestasinya sebagai wanita yang masuk dalam jajaran legenda, mengingat tokoh musik wanita hanya sekitar 15 % dalam Rock & Roll Hall Of Fame.

The Hollies juga kelompok musik asal Inggris, mewakili kelompok 1960-an. Pendiri kelompok ini Graham Nash, Allan Clarke, Vic Steele, EricHaydock dan Dan Rathbone.. Anggota kelompok The Hollies silih berganti setelah Graham Nash meninggalkan kelompok ini, termasuk Bernie Calvert yang hadir dalam acara penobatan .

Jimmy Cliff penyanyi reggae asal Jamaica dikenal luas dengan lagu I Can See You Clearly Now ketika menerima penobatan Senin malam mengatakan ia besar mendengarkan musik Rock & Roll dan mendapat inspirasi dalam karya-karyanya pada jalur musik reggae. Jimmy Cliff tahun ini akan merilis album baru berjudul Existence.

XS
SM
MD
LG