Tautan-tautan Akses

Penjualan Toyota Lampaui GM, Pertahankan Produsen Mobil Terbesar


Presiden Toyota Motor Corp., Akio Toyoda (kiri) memperkenalkan produk baru Toyota Etios di Bangalore, India (Desember 2010).

Presiden Toyota Motor Corp., Akio Toyoda (kiri) memperkenalkan produk baru Toyota Etios di Bangalore, India (Desember 2010).

Toyota mengatakan berhasil menjual 8,42 juta kendaraan pada tahun 2010, peningkatan sebesar 8 persen dari tahun sebelumnya.

Toyota Motor Corporation dari Jepang mengatakan penjualan grup itu naik tahun lalu, sehingga memungkinkannya bertahan sebagai produsen mobil terbesar dengan selisih kecil terhadap pesaingnya, General Motors (GM) dari Amerika.

Toyota mengatakan Senin pihaknya menjual 8,42 juta kendaraan pada 2010, peningkatan sebesar 8 persen dari tahun sebelumnya, saat Toyota baru pulih dari recall mobil besar-besaran yang sempat mencemarkan merk Toyota khususnya di Amerika.

General Motors juga melaporkan penjualan 2010, katanya pihaknya menjual 8,39 juta kendaraan, hanya sedikit berbeda dari angka penjualan Toyota, namun mencerminkan sebuah lonjakan sebesar 12 persen dari 2009. Kata GM sebagian besar pertumbuhannya terjadi di Tiongkok, dimana penjualan naik 29 persen dan mencapai 2,35 juta kendaraan. Ini merupakan produsen mobil pertama yang menjual lebih dari 2 juta kendaraan di Tiongkok dalam satu tahun.

Toyota melaporkan penjualan di Tiongkok sebanyak 846 ribu kendaraan, naik 19 persen dari 2009, tetapi jauh tertinggal dari GM. Tiongkok merupakan pasar mobil terbesar di dunia.

GM memegang status sebagai produsen mobil terbesar selama hampir 8 dekade sebelum dikalahkan oleh Toyota pada 2008. Wakil kedua perusahaan ini berusaha memperkecil makna dari gelar tersebut Senin. Jurubicara Toyota Paul Nolasco mengatakan tujuan perusahaan adalah menjadi nomor satu dalam hal layanan kepada pembelinya.

XS
SM
MD
LG