Tautan-tautan Akses

Penjualan Smartphone Turun Kecuali iPhone

  • Associated Press

iPhone 6 plus (kiri) dan iPhone 6.

iPhone 6 plus (kiri) dan iPhone 6.

Penjualan smartphone boleh jadi menurun bagi perusahaan-perusahaan teknologi kebanyakan, tapi tidak bagi Apple.

Analis memperkirakan laporan penjualan yang memuaskan dari raksasa teknologi tersebut saat mengumumkan laporan keuangan kuartalannya, Selasa. iPhone keluaran Apple tetap populer, sementara pembuat ponsel lainnya menyaksikan permintaan bagi produk mereka menurun.

Analis Wall Street memperkirakan Apple akan melaporkan $10,3 miliar keuntungan dari penjualan iPhone, iPad, komputer Mac dan produk-produk lain senilai $49 miliar pada kuartal kedua tahun ini dari April hingga Juni. Ini merupakan peningkatan lebih dari 30 persen pendapatan dan profit dari periode yang sama setahun lalu.

Apple mengatakan belum akan merilis angka penjualan bagi Apple Watch, walaupun sebagian analis yakin permintaan sudah menurun sejak produk wearable tersebut dirilis tiga bulan lalu. Tapi Apple tampaknya tak akan memusingkan angka penjualan Apple Watch, dengan suksesnya penjualan model iPhone 6 dan 6 Plus yang diperkenalkan akhir tahun lalu. Ini alasannya:

Layar lebar populer

Orang menggunakan smartphone untuk mengakses jejaring sosial, bermain games, melihat foto - lebih sering daripada menggunakan smartphone untuk melakukan panggilan telepon. Dan bagi aktivitas-aktivitas tersebut, orang menginginkan layar yang lebih lebar.

Sejumlah analis mengatakan studi mereka menemukan bahwa banyak di antara pembeli iPhone baru adalah orang yang beralih dari ponsel Android, seperti diperkirakan oleh CEO Apple Tim Cook. Banyak konsumen tertarik dengan piranti Android dalam beberapa tahun terakhir karena layarnya yang lebar, tapi keputusan Apple untuk memperlebar layar iPhone mampu meyakinkan pengguna Android untuk beralih, ujar Ryan Reith, yang memantau penjualan smartphone bagi lembaga riset IDC.

Apple menjual 47 juta unit iPhone pada kuartal terakhir, 34 persen lebih tinggi dibanding setahun sebelumnya, menurut analis dalam FactSet.

iPhone mendatangkan profit besar

Dengan harga rata-rata $600 per unit (Rp 8 juta), iPhone lebih mahal dibanding ponsel-ponsel Android. Tapi iPhone juga mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Walaupun Apple tidak merinci angka penjualan mereka, analis Michael Walkley dari Canaccord Genuity memperkirakan bahwa pada tiga bulan pertama tahun 2015, Apple meraup keuntungan 92 persen dari $16,6 miliar keuntungan operasional yang dihasilkan para produsen ponsel di seluruh dunia.

Samsung menjual lebih banyak unit dibanding Appple pada kuartal pertama 2015 tersebut, tapi kebanyakan di antaranya model berharga lebih ekonomis, yang hanya memberikan Samsung keuntungan 15 persen dari keuntungan operasional industri ini, menurut Waklet. Ia memperkirakan perusahaan-perusahaan lain menjalankan bisnis ponsel mereka secara merugi atau impas.

Kinerja Saingan Apple Menurun

Apple menjual sekitar 18,2 persen smartphone di seluruh dunia pada kuartal pertama 2015, sementara Samsung mencakup 24,5 persen dari pasar, menurut IDC. Tapi Samsung mengatakan keuntungannya untuk kuartal kedua akan menurun, terutama karena penjualan model baru Galaxy S6-nya tidak memenuhi target.

HTC juga telah mengkoreksi proyeksi pendapatannya untuk kuartal ini, menyebut penjualan yang lesu di China dan permintaan yang meningkat bagi ponsel Android sebagai alasannya. Microsoft, mem-PHK 7.600 karyawannya dan menyesuaikan valuasi divisi piranti ponsel NOKIA-nya sebesar $7,6 miliar, langkah yang mengindikasikan Microsoft mengakui usahanya menembus pasar dengan smartphone Windows-nya telah gagal. Microsoft juga akan merilis laporan keuangannya, Selasa.

Walaupun masing-masing perusahaan memiliki isunya masing-masing, pakar mengatakan penjualan smartphone melambat di negara-negara berkembang karena kebanyakan orang sudah memilikinya. IDC memperkirakan 11 persen peningkatan penjualan smartphone global tahun ini, turun dari 28 persen tahun 2014.

Produsen ponsel yang menggunakan sistem operasi Android akan menyaksikan pertumbuhan penjualan yang lebih besar, 8,5 persen. Tapi IDC memperkirakan penjualan iPhone akan bertumbuh 23 persen tahun ini.

Permintaan bagi Apple Watch Tidak Jelas

Kebanyakan analis mengatakan penjualan iPhone akan semakin meningkat setelah Apple merilis model baru di bulan September. Mereka mengatakan sebagian besar pengguna iPhone masih menggunakan model lama, seperti iPhone 4 dan 5. Dan mereka kemungkinan akan membeli iPhone baru untuk mengganti model yang lama.

Namun tidak semua produk Apple mencatat sukses seperti iPhone. Penjualan iPad telah menurun selama beberapa kuartal terakhir. Dan walaupun Apple mengatakan terdapat permintaan yang solid bagi Apple Watch, analis memperkirakan jumlah tersebut tidak besar.

Apple tidak akan merilis angka penjualan Apple Watch dan akan memasukkan pendapatan dari produk terbarunya tersebut dalam kategori "Produk Lainnya," yang termasuk di dalamnya piranti pemain musik iPod, piranti streaming Apple TV dan headphone Beats.

XS
SM
MD
LG