Tautan-tautan Akses

Penjualan Sepeda Motor di Indonesia Turun Sedikitnya 13 Persen


Para pengendara sepeda motor di Jakarta.

Para pengendara sepeda motor di Jakarta.

Akibat daya beli masyarakat yang menurun, penjualan sepeda motor diperkirakan turun 13 persen dari 7,8 juta unit pada 2014 menjadi 6,8 juta unit maksimal pada 2015.

Penjualan sepeda motor di Indonesia pada 2015 diperkirakan akan mencapai 6,8 juta unit maksimal, menurut Asosiasi Sepeda Motor Indonesia, Senin (25/5).

Angka itu turun 13 persen dari sekitar 7,8 juta unit yang terjual pada 2014 dan di bawah target sebelumnya yang mencapai 7,7 juta.

"Kami melihat penyesuaian ini penting karena daya beli masyarakat telah menurun," ujar Gunadi Sindhuwinata dari asosiasi tersebut.

Perekonomian Indonesia tumbuh pada kecepatan terlemah sejak 2009 dalam kuartal pertama. Pertumbuhan tahunan untuk konsumsi pribadi, yang mencakup lebih dari setengah dari produk domestik bruto, melambat ke 5,01 persen dari 5,35 persen setahun lalu, menurut data yang dirilis awal bulan ini.

Para analis mengatakan kinerja ekonomi yang buruk merupakan peringatan bagi Presiden Joko Widodo.

Indeks kepercayaan konsumen yang dikumpulkan oleh Bank Indonesia turun ke 107,4 pada bulan April dari 116,9 bulan Maret, menandakan bahwa para konsumen menahan diri dalam berbelanja barang-barang yang tahan lama akibat melambatnya pendapatan dan menurunnya lapangan pekerjaan.

XS
SM
MD
LG