Tautan-tautan Akses

Penjelajah NASA Temukan Senyawa Organik, Gas Metana di Mars


Gambaran kendaraan penjelajah NASA, Curiosity, di permukaan Mars.

Gambaran kendaraan penjelajah NASA, Curiosity, di permukaan Mars.

Studi-studi tambahan diperlukan untuk menentukan apakah senyawa-senyawa organik dan/atau gas metana yang diproduksi dalam kehidupan sebelumnya atau sekarang di Mars.

Kendaraan penjelajah Mars milik NASA, Curiosity, telah menemukan senyawa-senyawa yang mengandung karbon dalam sampel-sampel yang dibor dari batu prasejarah, deteksi definitif pertama dari senyawa-senyawa organik di permukaan planet tetangga Bumi tersebut.

Para ilmuwan NASA mengatakan kendaraan tersebut juga menemukan semprotan gas metana di atmosfer, bahan kimia yang di Bumi terkait kuat dengan kehidupan.

Studi-studi tambahan, yang mungkin di luar kemampuan kendaraan tersebut, diperlukan untuk menentukan apakah senyawa-senyawa organik dan/atau gas metana yang diproduksi dalam kehidupan sebelumnya atau sekarang di Mars atau apakah mereka berasal dari proses-proses geokimia.

"Kita telah memiliki penemuan besar. Kita telah menemukan bahan-bahan organik di Mars," ujar pemimpin tim ilmuwan Curiosity, John Grotzinger, dari California Institute of Technology di Pasadena, California, dalam konferensi pers di San Francisco.

“Mengenai probabilitas hal-hal ini merupakan sumber-sumber (kehidupan)... kita harus menghormati bahwa ada kemungkinan," ujarnya. (Reuters)

XS
SM
MD
LG