Tautan-tautan Akses

Penjelajah NASA 'Curiosity' Kirim Foto Berwarna Pertama dari Kawah Mars


Gambar berwarna pertama tentang daratan Mars yang dikirim Curiosity menunjukkan pemandangan coklat kemerahan dari dasar kawah Gale (7/8).

Gambar berwarna pertama tentang daratan Mars yang dikirim Curiosity menunjukkan pemandangan coklat kemerahan dari dasar kawah Gale (7/8).

Kendaraan antariksa tak berawak Amerika Curiosity telah mengirimkan gambar berwarna pertamanya tentang daratan Mars, pemandangan coklat kemerahan dari dasar kawah itu.

Badan antariksa Amerika NASA hari Selasa mengatakan foto itu menunjukkan dinding utara dan lingkaran Kawah Gale di kejauhan.

Foto itu bisa dilihat di http://www.nasa.gov/images/content/674083main_PIA15691-full_full.jpg di bidik menggunakan sebuah kamera yang dipasang di lengan robot panjang pada kendaraan itu.

NASA dengan sukses mendaratkan Curiosity di kawah itu, Minggu malam setelah delapan bulan perjalanan di antariksa. Bagian bawah kendaraan itu membuat ratusan foto selama perjalanannya, tapi foto baru itu yang pertama setelah mendarat.

Foto pertama agak kabur, tapi NASA mengharapkan dalam dua tahun misi Curiosity itu, kamera-kameranya akan menangkap gambar-gambar beresolusi tinggi.

Ken Edgett seorang petugas yang mengamati kamera itu mengambil gambar berwarna, menjelaskan penutup debu transparan kamera itu masih menempel ketika foto diambil menyebabkan sedikit kabur. Meski demikian bebatuan bisa dilihat di daratan foto itu.

Seiring dengan waktu kendaraan seukuran mobil bernilai 2,5 miliar dolar itu akan digunakan untuk menyelidiki geologi planet Mars, cuaca dan tingkat radiasi. Ilmuwan berharap informasi itu akan membantu mereka menjawab pertanyaan lama, apakah pernah ada kehidupan di Mars atau apakah planet merah itu bisa menopang kehidupan di masa depan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG